10 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas Secara Alami Dengan Cepat

Penyebab dan cara menangani kulit wajah secara alami mengelupas. Pengelupasan kulit wajah bisa terjadi karena berbagai zat yang bisa merusak dan mengiritasi kulit. Pengelupasan kulit itu sendiri biasanya akan disertai rasa gatal, pengeringan kulit, ruam dan iritasi. Umumnya pengelupasan kulit wajah bisa disebabkan juga karena kulit kering. Masalah kulit kering sebenarnya merupakan masalah umum yang bisa dialami oleh siapa saja. Kulit mengelupas kering biasanya terasa kasar dan bersisik. Ini tentu akan sangat menyebalkan, selain membuat kita tidak nyaman, tapi juga bisa merusak penampilan.

Penyebab Kulit Wajah Kering dan Mengelupas Secara Alami

Sebelum kita lanjutkan membahas bagaimana cara mengatasi pengelupasan kulit wajah, ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit mengelupas yang perlu kita ketahui dulu:

10 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas Secara Alami Dengan Cepat


1. Kulit Kering

Bagi anda yang memiliki jenis kulit kering, maka risiko pengelupasan kulit akan lebih tinggi terutama jika ia sering bersentuhan dengan air, krim kimia, sabun, cuaca ekstrem, air panas hingga paparan sinar matahari. Memiliki kulit kering umumnya tidak berbahaya, namun beberapa mengalami masalah serius, seperti Iktiosis. Ichthyosis adalah kelainan kulit genetik atau warisan.

2. Terbakar Sinar Matahari

Sering terkena sinar matahari juga bisa membuat kulit terkelupas. Sebelum pengelupasan kulit, fase yang akan dialami terasa panas, sakit dan memerah. Umumnya terjadi beberapa jam setelah terpapar paparan sinar matahari. Setelah beberapa hari fase ini, lapisan kulit akan mengelupas, rusak dan kemudian kulit akan pulih dengan sendirinya. Sementara pengelupasan kulit bisa membuat warna kulit tidak merata dan terlihat berpola.

3. Alergi

Bila kulit wajah terkontaminasi alergen atau zat yang memicu alergi, biasanya kulit akan mengelupas. Tidak hanya pengelupasan kulit, tapi reaksinya bisa menyebabkan ruam, lecet atau gatal.

4. Efek Penggunaan Obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan, seperti krim retinoid bisa membuat kulitnya mengelupas. Krim retinoid biasanya digunakan untuk mengobati jerawat, mencerahkan bintik hitam di wajah dan mengurangi keriput. Selain itu, krim bekerja dengan cara mendorong jaringan sel kulit mati dan juga beregenerasi. Akibatnya, kulit di lapisan atas wajah sudah terkelupas untuk membuka jalan pertumbuhan sel kulit baru.

Cara Mengatasi Wajah Kulit Yang Mengelupas Secara Alami

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi kulit wajah yang mengelupas secara alami:

1. MADU

Madu memang menawarkan banyak manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Salah satu manfaat madu untuk kecantikan adalah dengan mengatasi pengelupasan kulit wajah. Untuk mengatasi pengelupasan kulit dengan madu, cara mencuci muka terlebih dahulu lalu oleskan lalu pijat dengan merata ke seluruh permukaan kulit wajah. Kemudian biarkan sampai beberapa saat sampai madu meresap, lalu bilas dengan air sampai bersih. Bila Anda melakukan perawatan kulit wajah dengan madu secara teratur, selain mengupas kulit bisa diatasi, kulit Anda juga menjadi lebih kencang dan lembut secara alami.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sendiri telah lama digunakan oleh wanita untuk perawatan kecantikan. Ini karena minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak, sehingga bisa digunakan sebagai pelembab alami untuk membuat kulit lebih sehat dan lembut secara alami. Selain itu, vitamin E yang terkandung dalam minyak zaitun bisa menetralkan paparan radikal bebas sebagai faktor penyebab penuaan. Cara mengatasinya dengan mengupas kulit dengan minyak zaitun sudah cukup mengoleskan masker minyak zaitun, yang dioleskan minyak zaitun secara merata ke seluruh permukaan kulit wajah.

3. Aloe Vera

Selain bermanfaat untuk perawatan rambut, lidah buaya juga efektif membuat kulit lebih lembut dan mengatasi terjadinya pengelupasan pada kulit. Alasannya, lidah buaya ini juga merawat pelembab untuk kulit kering dan mengurangi gatal, iritasi pada pembengkakan. Anda bisa mencampur lidah buaya dengan kandungan kapsul vitamin E, lalu ollkan ke seluruh permukaan wajah secara merata dan diamkan sampai kering, lalu cuci dengan air hangat sampai bersih. Untuk hasil maksimal, Anda bisa menggunakan metode ini setiap hari secara teratur.

4. Mentimun

Cara mengatasinya kulit wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan mentimun. Ketimun mengandung banyak air, sehingga bisa mengatasi dehidrasi pada kulit dan mengurangi rasa gatal di kulit. Tak hanya itu, mentimun juga bisa menjaga kulit tetap lembab dan lembut secara alami. Vitamin C yang terkandung dalam mentimun juga bisa mengurangi efek buruk dari paparan sinar matahari dan memperbaiki kondisi kulit wajah. Untuk mengatasi kulit yang mengelupas, blender atau parut mentimun sampai lembut lalu oleskan merata ke seluruh permukaan kulit dan biarkan sampai beberapa menit. Kemudian bilas dengan air sampai bersih.

5. Yoghurt

Yoghurt adalah ramuan alami yang bisa membantu menyehatkan kulit Anda termasuk mengatasi pengelupasan kulit. Yogurt mengandung asam laktat yang berguna yang mengunci kelembaban alami kulit. Pastikan Anda memilih yoghurt polos di mana Anda belum mendapatkan pemanis atau bahan lainnya.

6. Tomat

Bahan alami berikut yang bisa digunakan untuk merawat kulit wajah adalah mengupas kulit tomat. Tomat adalah paket lengkap yang bisa Anda gunakan sebagai bahan perawatan kulit Anda. Di dalam tomat mengandung nutrisi penting seperti vitamin C, antioksidan, dan vitamin A. Dimana semua nutrisi ini sangat baik untuk kesehatan kulit Anda. Vitamin C berguna untuk meringankan kulit secara alami sekaligus membantu kulit menghasilkan kolagen. Sedangkan antioksidan bisa melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan.

7. Anggur

Anggur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kulit Anda tidak terkecuali untuk merawat kulit yang mengelupas. Buah ini kaya akan kandungan alpha hydroxyl acids (AHA) yang membantu menyingkirkan sel kulit mati dari kulit wajah Anda. Bila digunakan sebagai masker wajah anggur bermanfaat sebagai tabir surya alami yang melindungi kulit dari sengatan matahari yang bisa memperburuk pengelupasan kulit wajah Anda.

8. Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan ramuan alami yang sangat aman digunakan untuk kulit wajah Anda. Minyak kelapa mengandung asam lemak yang terbukti bisa melembabkan kulit secara alami. Tak hanya itu, kandungan anti oksidan yang tinggi dalam minyak kelapa juga bermanfaat untuk mengobati iritasi dan gatal pada kulit yang menyebabkan pengelupasan kulit.

9. Gunakan pelembab

Jika Anda tidak ingin menguliti masalah kulit sebaiknya gunakan pelembab ke kulit Anda, karena kulit kering bisa memicu pengelupasan kulit. Pastikan untuk memilih pelembab yang aman bagi Anda untuk melamar ke kulit wajah Anda.

10. Minum banyak air

Minum banyak air adalah salah satu kunci kesehatan Anda secara keseluruhan, kecuali kulit Anda tentu saja. Kebutuhan air yang cukup dapat membantu Anda melembabkan kulit dari dalam. Hal ini pada gilirannya akan membuat kulit Anda lebih lembab alami sehingga mengurangi risiko kulit mengelupas.

Itulah 10 cara untuk mengatasi kulit alami dan ampuh yang bisa Anda coba di rumah dengan mudah!

Advertiser


EmoticonEmoticon