Cara Memperbaiki Lipatan Kelopak Mata yang Berbeda

Cara Memperbaiki Lipatan Kelopak Mata yang Berbeda
Cara Memperbaiki Lipatan Kelopak Mata yang Berbeda
Penyebab sisi besar mata adalah deformitas dan struktur kelopak mata yang menyebabkan ukuran kedua mata tampak asimetris. Mata besar bisa menyerang siapa saja dan relatif mudah disembuhkan jika itu terjadi bukan karena serangan penyakit tertentu. (Baca Juga: penyebab pembakaran mata, penyebab sakit mata di sebelah)

Penyebab Mata Besar Sebelah

1. Kelainan saraf mata


Cara Memperbaiki Lipatan Kelopak Mata yang Berbeda

Neuropati mata sering menjadi penyebab mata besar, karena bila salah satu saraf dari kedua mata merusak kerusakan yang biasanya disebabkan oleh stroke kronis atau terserang sindrom horner maka asupan darah yang mengandung oksigen tidak dapat menyebar merata dan melemahkan pembuluh darah. Akibatnya ukuran satu mata menjadi lebih besar dari mata lainnya. (Juga Baca: Bedah Mata Juling, Penyebab Mata Gemuk)

2. Ptosis (mata lemas)

Ptosis adalah istilah medis yang berarti penurunan kelopak mata atas yang terjadi hanya pada satu mata. Kondisi ini timbul karena proses penuaan alami dimana jaringan kulit mulai kehilangan fleksibilitas dan kekuatannya atau mungkin karena cacat lahir bawaan yang timbul saat ibu hamil terkena bahan kimia dari penggunaan obat tertentu atau karena adanya penyakit. Makanan, Ptosis adalah penyebab sering dari sisi besar mata menimpa bayi yang baru lahir. Salah satu kelopak mata bayi akan menurun sehingga saat mata terbuka, maka mata akan terlihat tidak sebesar. (Baca Juga: penyebab pembakaran mata, penyebab sakit mata di sebelah)

3. Serangan virus

Virus yang menyebabkan mata merah, Gatl dan belekan tidak selalu mnenyerang pada kedua mata, terkadang hanya duduk di satu bola mata saja, Kondisi ini disebabkan karena saat virus masuk mata hanya menyerang salah satu jaringan mata saja yang benar. atau kiri Mata yang terinfeksi akan mengalami radang, infeksi saat digosok dan menyebabkan pembengkakan, ini bisa menjadi penyebab mata besar di sebelahnya. (Baca juga: Alergi Mata Obat, gerakan mata kanan saja)

4. Cedera

Mata yang terpapar dan benturan keras akan meninggalkan jejak rasa sakit, memar, kemerahan bahkan perdarahan jika tumbukan menyebabkan permukaan kulit pecah di sekitar kelopak mata atas atau bawah. Salah satu mata yang terkena mungkin mengalami pembengkakan dan kerusakan saraf mata ringan yang merupakan salah satu penyebab utama mata besar. (Juga baca: penyebab berkedut mata, penyebab mata merah)

5. kista meibomian

Jika satu mata memiliki perdagangan dengan kelenjar minyak di mata (kelenjar meibomian) maka peradangan menyumbat saluran minyak bumi yang sebenarnya bertanggung jawab untuk melumasi jaringan kelopak mata agar tetap elastis dan lembab. Penyumbatan itu terjadi untuk merangsang munculnya kista yang akan tumbuh dan menghalangi mata. Jika tidak segera diminum secara medis maka akan menyebabkan mata terkena kista akan terlihat lebih kecil dan turun dibanding mata sebelah. Akibatnya mata akan terlihat bagus di sebelahnya. (Juga Baca: penyebab mata bengkak, penyebab bintum mata)

6. Penggunaan Lensa kontak (Softlens)

Penggunaan eyepiece bisa menyebabkan iritasi dan pembengkakan bola mata jika salah atau tidak tepat cara mengaplikasikannya. Misalnya memakai eyepiece dalam kondisi tangan belum dibersihkan, Jadilah di ruangan yang penuh dengan polusi, Lensa memakai lensa remang-remang dan asanya. (Juga Baca: Obat Mata yang Bengkak)

Bila satu lensa mata tidak steril sama maka akan berdampak pada kesehatan mata. Lensa yang telah terkontaminasi oleh kotoran debu atau partikel halus dari kosmetik wajah akan menyebabkan iritasi pada permukaan bola mata yang menyebabkan bengkak. Pembengkakan ini adalah penyebab mata bengkak berikutnya.

7. Proptosis (Leading Eye Disease)

Proptosis adalah penyakit mata yang menonjol yang sebagian besar disebabkan oleh faktor genetik yang oleh tim medis dunia dianggap sebagai kasus mata yang tidak berbahaya. Namun, jika proptosis disebabkan oleh peningkatan glaukoma, hipertiroidisme atau leukemia maka penyakit mata yang menonjol dapat menyebar ke penyakit serius dan harus ditangani secara intensif. Proptosis memiliki efek buruk pada penampilan, Jika proptosis terjadi di satu mata saja maka mata akan terlihat besar berikutnya dan aneh. (Juga baca: Gejala mata lelah, Cara Mengobati Mata Lelah)

8. Posisi tidur yang salah

Saat tidur dalam posisi miring, kelopak mata dan jaringan mata bagian dalam akan terbebani dengan efek gravitasi dan mendapat tekanan. Jika tidur terlalu lama dan hanya dalam satu posisi saja maka penekanan yang terjadi pada mata akan menjadi parah, Kondisi ini menjadi penyebab mata besar di sebelahnya karena aliran darah yang tersumbat, saraf tersucitnya diarea mata dan melemahkan otot otot di sekitar mata. Kondisi ini dapat menyebabkan akumulasi cairan di jaringan mata yang mendapat tekanan lebih awal, sehingga bila terbangun dari tidur mata akan membengkak, kemerahan dan terlihat lebih besar dari pada mata sebelah. 

9. Gigitan serangga

Serangga seperti lebah, Tawon, Kumbang, Kecoak dan lainnya memiliki racun yang bisa mengiritasi jaringan tubuh manusia termasuk saat menyengat atau menggigit di area mata misalnya kelopak bunga bagian atas dan bawah. Pada seseorang yang memiliki alergi terhadap zat beracun yang ada pada hewan serangga akan tampak bengkak, ruam ruam dan nyeri yang memiliki efek terbakar. Kondisi ini menjadi penyebab mata besar di sebelah. (Baca: mata kering, gejala katarak)

10. keracunan

Keracunan makanan adalah salah satu penyebab mata bengkak yang sering dialami banyak orang. Keracunan bisa menghalangi aliran darah ke mata dan melukai pembuluh darah mata seperti makanan yang mengandung zat logam seperti produk kelautan (Crab, Squid, Shellfish, Lobster).
Keracunan akibat konsumsi alkohol berlebihan atau Keracunan Obat tertentu juga bisa menyebabkan peradngan di pembuluh darah mata. Perlu diingat bahwa Keracunan tidak sama dengan alergi tapi lebih pada reaksi tubuh yang telah teriritasi sehingga ada penolakan terhadap jaringan tubuh terhadap benda-benda yang bersaing yang terluka dan menggiling dengan efek panas.

Cara Memperbaiki Lipatan Kelopak Mata yang Berbeda

Pada mata besar yang disebabkan oleh alergi, Keracunan, Kelelahan, posisi tidur nyenyak dan gigitan serangga dapat dengan mudah diatasi dengan penggunaan bahan tradisional yang aman dan ampuh menyembuhkan peradangan dan pembengkakan penyebab mata bengkak.

Kompres
Saat mata membengkak kemudian kompres dengan menggunakan kantong teh, irisan timun, Kentang Pans, Kompres dengan air hangat atau dingin. Kompres berguna untuk penyempitan aliran darah sehingga pembengkakan bisa dengan mudah mengempis.

Daun sirih
Gunakan daun sirih untuk menyerap rasa sakit dan pembengkakan penyebab mata besar di sebelahnya. Bersihkan daun sirih dan kemudian hancurkan dengan tangan Anda menggunakan air matang, saring airnya dan gunakan untuk menumbuhkan mata bengkak. Daun sirih memiliki zat anti bakteri dan anti-pwrdangan yang mampu mengangkat semua kotoran dan bakteri yanag yang ada di mata.