10 Cara Ampuh Menghilangkan Embun di Jam Tangan dengan Mudah

10 Cara Ampuh Menghilangkan Embun di Jam Tangan dengan Mudah
10 Cara Ampuh Menghilangkan Embun di Jam Tangan dengan Mudah
Cara Ampuh Menghilangkan Embun di Jam Tangan dengan Mudah- Kelembaban merupakan salah satu jam tangan musuh yang sayangnya sering dialami masyarakat, terutama yang tinggal di daerah dengan curah hujan tinggi dan daerah yang dingin. Penyebab jamir berawan adalah adanya air yang masuk jam dan terjebak di sana.

Jika tidak parah, kelembaban bisa hilang dengan sendirinya. Tapi, jika embun tidak mau mengering dan dan tidak hilang dengan sendirinya, bisa menyebabkan kerusakan pada arloji Anda, loh. Untuk itu, Blog vani akan memberitahu Anda bagaimana menyingkirkan embun di jam tangan Anda.

Penyebab Jam Tangan Berembun 

1. Kehujanan
Penyebab pertama embun adalah karena hujan. Kita tinggal di negara tropis yang hanya memiliki dua musim, yaitu kekeringan dan hujan saja. Saat hari hujan terus menerus, jangan mengesampingkan jam tangan Anda basah akibat cipratan hujan. Jika dibiarkan terus menerus, jam tangan Anda mungkin berembun. Apalagi jika Anda adalah pengendara motor dan nekat menggunakan jam tangan saat hujan.
10 Cara Ampuh Menghilangkan Embun di Jam Tangan dengan Mudah


2. Kepansan
Embun di arloji dibuat karena uap air yang masuk dan terjebak, tidak bisa keluar lagi. Itulah sebabnya hujan atau kedinginan merupakan faktor utama terjadinya embun di jam tangan. Tapi, embun juga bisa muncul karena perbedaan suhu antara suhu jam dan suhu udara luar. Jika jam tangan Anda biasanya dalam suhu dingin, maka Anda pergi ke tempat yang panas, bisa jadi embun terbentuk di jam tangan dan menempel di kaca. Jadi, selain dingin dan hujan, panas juga bisa menjadi faktor penyebab jam tangan berembun.

3. Terendam
Penyebab jam beruap berikutnya adalah karena terendam air. Jika jam tangan Anda tidak memiliki tanda tahan air, jangan pernah menggunakan arloji di air. Tahan air adalah label yang tertulis di bagian belakang jam tangan, menunjukkan bahwa jam tangan Anda terbuat dari bahan tahan air, sehingga Anda bisa menggunakan arloji dalam kondisi basah. Namun, biasanya setiap merek dan jenis jam tahan air memiliki kekuatan yang berbeda. Hanya kuat 4 jam, 8 jam, 10 jam, dan seterusnya. Jika Anda terlalu lama membiarkan jam tangan di air, bisa jadi ada embun yang menempel di jam tangan Anda.

Cara Menghilangkan Embun di Jam Tangan 

Nah, tadi itu beberapa penyebab kemungkinan terjadinya embun di jam tangan. Sekarang, ketahuilah cara menghilangkan embun di jam tangan dengan mudah:

1. Pengeringan
Cara melepas embun di jam tangan pertama adalah mengeringkannya. Tujuan pengeringan di sini bukan seperti menggantungkan baju, iya. Jadi Anda hanya perlu berjemur di tempat terbuka dimana sirkulasi udara bagus dan terkena sinar matahari juga. Anda juga bisa menyimpan arloji air di dekat perapian, di belakang lemari es, di kebun belakang, dan tempat-tempat hangat lainnya. Cuaca hangat dan udara yang mengalir akan menguap embun yang terjebak dalam jam.

2. Bongkar Jam
Cara menghilangkan embun di jam tangan berikutnya adalah dengan membongkar jam. Biasanya bagian belakang jam ada beberapa skrup kecil. Anda hanya membukanya dengan menggunakan obeng yang sesuai dan mengeringkan jam Anda.

3. Buka Kaca
10 Cara Ampuh Menghilangkan Embun di Jam Tangan dengan Mudah

Selain membongkar bagian belakang jam, Anda juga bisa membuka kaca jam buram agar uap tetap kering lebih cepat. Anda bisa menyeka bagian dalam jam menggunakan kapas atau kain jika air dalam jam terlalu banyak.

4. Bungkus dengan Handuk
Saat hari hujan terus menerus, tentu saja Anda tidak akan bisa mengeringkan jam uap yang ada. Nah, kalau begitu, Anda bisa membungkus jam tangan yang selalu di embun dengan handuk. Letakkan bagian belakang jam menghadap ke bawah. Jaga handuk di udara terbuka (jika mungkin di tempat yang terkena sinar matahari).

5. Pengering rambut
Punya hair dryer di rumah? Anda bisa menggunakannya sebagai cara untuk menghilangkan embun di jam tangan Anda. Atur pengering rambut di tingkat panas terendah. Kemudian, mulai mengeringkan arloji Anda. Jangan biarkan pengering rambut terlalu dekat dengan jam, setidaknya berikan jarak 15 cm. Untuk rekomendasi hair dryer terbaik, silahkan cek di sini.

6. Beras
10 Cara Ampuh Menghilangkan Embun di Jam Tangan dengan Mudah

Anda mungkin sering mendengar saran jika telepon dicelupkan ke dalam air, lalu simpan di tempat nasi. Ternyata itu juga berlaku untuk jam tangan berembun. Beras bisa menyerap air dengan baik. Makanya, uap di jam tangan bisa hilang tanpa membukanya (casing dan jam kaca) terlebih dahulu.

7. Sinari dengan Lampu
Cara menghilangkan embun di jam tangan berikutnya adalah dengan menggantung jam di bawah lampu. Anda bisa menggunakan lampu meja atau bola lampu. Jam Sinari sampai kelembaban di dalamnya lenyap.

8. Laptop
Laptop atau komputer sering panas jika kipas tidak bekerja dengan baik. Selalu ada titik terang di balik bencana. Anda bisa menggunakan panas dari laptop atau komputer Anda untuk menghangatkan arloji Anda agar embunnya akan hilang. Cara yang satu ini cenderung lebih panjang dari cara lain di atas. Tapi, jika situasinya tidak mendesak, Anda bisa meletakkan jam tangan di samping laptop saat Anda bekerja.

9.Lilin
Cara menghilangkan embun di jam tangan berikutnya adalah dengan menggunakan lilin. Lebih baik menggunakan lilin pendek atau yang pendek. Cahaya lilinnya, lalu letakkan rak di dekat lilin. Mungkin Anda memerlukan beberapa batang lilin karena cara ini agak memakan waktu untuk benar-benar mengeluarkan embun dari arloji Anda.

10. Silica Gel
10 Cara Ampuh Menghilangkan Embun di Jam Tangan dengan Mudah

Desiccant atau yang lebih dikenal dengan nama silica gel adalah cara untuk menghilangkan embun pada jam terakhir. Silica gel berfungsi menyerap kelembaban sehingga kondisi barang atau makanan tetap terjaga. Nah, Anda bisa menggunakan silica gel untuk merendam uap lembab dari jam tangan Anda. Cara menggunakannya, persiapkan dulu 1 - 2 kemasan silika gel, Anda bisa menggunakan tas tangan silika gel, makanan, atau barang lainnya. Setelah itu, siapkan toples dengan tutupnya. Masukkan silika gel dan tonton ke dalam toples, lalu tutup rapat. Biarkan saja semalam, lalu lihat hasilnya besok.

Itu dia beberapa cara menghilangkan embun di jam tangan versi Blog vani. Oh, iya, tips agar jam tangan tidak berembun, hindarilah membiarkan jam tangan terkena air. Walaupun embunnya tidak banyak, jangan sepelekan embun di dalam jam tangan, karena takutnya bisa merusak bagian dalam jam. Segera perbaiki jam tangan Anda dengan cara-cara di atas. Selamat mencoba!