10 Cara Membersihkan Aksesoris / Perhiasan yang Menghitam dan Kusam

10 Cara Membersihkan Aksesoris / Perhiasan yang Menghitam dan Kusam- Aksesoris perhiasan adalah hiasan berkilauan yang indah. Seperti benda apapun pada umumnya, aksesoris bisa kehilangan kecantikannya jika sering dipakai dan tidak dijaga dengan baik. Apalagi aksesoris yang tidak terbuat dari emas, perlawanan akan menjadi kotoran dan kerusakan yang lebih rentan. Mulai dari air, udara, debu, kosmetik, sampai parfum adalah beberapa hal yang bisa merusak keindahan asesoris. 

Disini, Blog vani akan memberitahu Anda bagaimana cara membersihkan aksesoris yang cemar. Selain itu, kami juga akan memberikan tips lanjutan seperti perawatan di masa depan. Yuk, ikuti tipnya.
10 Cara Membersihkan Aksesoris / Perhiasan yang Menghitam dan Kusam

10 Cara Membersihkan Aksesoris yang Menghitam 

1. Benda Tajam dan Runcing
Cara membersihkan aksesoris cemar pertama adalah dengan menggunakan benda tajam dan runcing. Aksesoris bisa menumpuk kotoran di sudut yang mati seperti bagian dalam ring, lubang di kalung, dan titik mati lainnya. Untuk memudahkan pengangkatan kotoran dari asesoris, Anda bisa memanfaatkan tusuk gigi, pinset, stiker, atau benda tajam dan runcing lainnya. Benda tajam ini akan membersihkan celah yang sulit dijangkau oleh tangan atau air kita.

2. Sikat gigi
Sikat gigi adalah alat yang paling umum digunakan untuk membersihkan aksesori yang cemar. Pastikan Anda menggunakan sikat gigi baru dan bukan sikat gigi bekas. Sebab, bekas sikat gigi pasti punya banyak kuman. Jangan kuman dari bekas sikat gigi malah beralih ke asesoris anda. Pastikan Anda menggunakan sikat gigi yang lembut agar tidak menggores aksesori nantinya. Jika ada noda membandel, sikat aksesoris menggunakan sikat gigi dalam keadaan kering terlebih dahulu karena tingkat abrasifnya lebih tinggi.

3. Lemon
Nah, mari kita coba cara membersihkan cemar asesoris menggunakan ramuan alami, yaitu lemon. Buah asam asam ini sangat bagus untuk membersihkan asesoris, terutama perhiasan imitasi. Lemon berguna untuk membersihkan lapisan oksida yang terbentuk pada permukaan logam. Gosok aksesori menggunakan selembar lemon secara langsung untuk melakukannya. Anda juga bisa menambahkan garam atau baking soda. Ingin mencoba cara lain? Peras lemon dulu, lalu gunakan kain atau mesin pencuci piring untuk mencuci aksesoris dengan jus lemon tadi. Selain lemon, Anda juga bisa menggunakan cuka dan air.

4. Saus
Mungkin tidak pernah dibayangkan sebelumnya, tapi sausnya bisa digunakan untuk membersihkan asesoris juga, loh. Caranya, tuangkan saus tomat secukupnya ke mangkuk, lalu rendam asesoris Anda sampai semua bagian ditutupi dengan saus. Diamkan selama 5 - 10 menit, angkat aksesorisnya, lalu bilas dengan air hangat. Selain cara itu, Anda juga bisa menuangkan saus tomat ke sikat gigi dan menyikat aksesoris Anda. Jangan lupa bilas dengan air hangat juga.

5. Kulit Pisang
Cara membersihkan aksesoris yang cemar yang satu ini kedengarannya eksentrik, ya? Selain sausnya, kulit pisang ternyata bisa mengembalikan keharuman asesoris Anda. Caranya, mengeruk bagian dalam kulit pisang, lalu campurkan sedikit air untuk membentuk pasta. Gunakan pasta kulit pisang ini untuk menyikat atau menyeka asesorisnya. Dengan cara ini bisa bekerja untuk aksesoris perak juga.

6. Pasta gigi
Pasta gigi harus tersedia di setiap rumah. Nah, Anda juga bisa membersihkan asesoris menggunakan pasta gigi. Selain murah dan mudah didapat, pasta gigi juga termasuk cara membersihkan cemar asesoris dan dianggap paling aman karena pasta gigi tidak akan menimbulkan reaksi alergi saat asesoris digunakan lagi oleh Anda.

7. Baking Soda
Cara menghilangkan noda hitam pada aksesoris berikutnya adalah dengan baking soda. Benda ini sangat sering digunakan sebagai pembersih noda di rumah karena ramah lingkungan. Ternyata baking soda juga bisa menghilangkan noda dan kotoran pada asesoris. Untuk aksesoris perak, basahi kain dan perasnya (kita hanya butuh kain basah saja). Setelah itu, bersihkan lap pada baking soda. Gosok asesoris anda itu. Untuk aksesoris dari emas asli, Anda hanya perlu memercikkan baking soda pada asesorisnya, lalu bersihkan perlahan. Diamkan beberapa menit sebelum membilasnya. Sedangkan untuk berlian asli, Anda cukup merendam aksesoris dalam mangkuk berisi larutan air hangat dan sedikit baking soda. Metode ini juga bisa digunakan pada aksesoris logam. Selain cara kami sebutkan tadi, Anda juga bisa membungkus mangkuk dengan aluminium foil terlebih dahulu, masukkan baking soda dan tuangkan air panas ke atasnya. Rendam asesoris Anda sesudahnya.

8. Alkohol gosok
Menggosok alkohol atau menggosok alkohol adalah cara untuk membersihkan aksesoris yang menghitam berikutnya. Alkohol ini bisa dibeli di apotek, supermarket, atau online di Lazada melalui link ini. Rendam asesoris yang ingin Anda bersihkan dalam mangkuk berisi alkohol bekas selama 30 menit. Jika setengah jam, angkat aksesori dan bersihkan sisa alkohol. Biarkan aksesorisnya kering dengan sendirinya (kurang lebih 15 menit), jangan bersihkan asesoris Anda. Jika sudah lewat 15 menit, periksa kembali apakah asesoris anda masih memiliki noda atau tidak. Jika masih di sana, bersihkan noda menggunakan tissue kering.

9. Minyak Tea Tree
Selain sering digunakan untuk perawatan wajah, Anda bisa menggunakan minyak pohon teh (tea tree oil) untuk membersihkan asesoris juga. Anda bisa membeli produk minyak pohon teh secara online. Caranya, tuangkan beberapa tetes minyak pohon teh dan banyak cuka ke dalam mangkuk. Rendam asesoris Anda dalam semalam. Besok pagi angkat aksesoris lalu gosok dengan sikat gigi yang sudah ditaburi baking soda. Jangan lupa bilas asesoris Anda dengan air bersih sesudahnya.

10. Bir / Vodka
Cara membersihkan aksesoris cemar terakhir adalah dengan menggunakan bir atau vodka. Kedua minuman keras ini ternyata mengangkat lapisan kotoran asesoris dengan sangat baik. Caranya, rendam asesoris dengan bir. Setelah beberapa menit, angkat aksesoris dan gosok dengan lap kering. Metode ini hanya bisa digunakan untuk aksesoris selain perak (gold allowed). Jika ingin membersihkan asesoris dengan vodka, Anda hanya perlu menuangkan vodka secukupnya ke kain, lalu gosokkan pada asesorisnya. Anda juga bisa merendam asesoris menggunakan vodka dengan cara yang sama seperti menggunakan bir diatas.

tulah 10 cara membersihkan aksesoris yang menghitam dari Blog vani. Semoga dengan ini aksesoris Anda dapat kembali indah seperti baru. Jika ingin aksesoris Anda kinclong maksimal, Anda bisa juga membeli pemoles aksesoris perhiasan. Selamat mencoba! terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel