10 Cara Membersihkan Perhiasan Emas Yang Kusam agar Kembali Berkilau

10 Cara Membersihkan Perhiasan Emas Yang Kusam agar Kembali Berkilau
10 Cara Membersihkan Perhiasan Emas Yang Kusam agar Kembali Berkilau
Cara Membersihkan Perhiasan Emas Yang Kusam agar Kembali Berkilau Dan mengkilat Anda suka koleksi perhiasan yang terbuat dari emas? Memang, emas itu indah, berkilau, indah, dan mewah. Emas juga sering dianggap sebagai tabungan karena harga jualnya stabil. Sayangnya, sama seperti perhiasan lainnya, emas tak luput dari kotoran dan kusam.

Bila sudah lama disimpan atau sering dipakai, warna dan kilau emas bisa memudar. Apa yang biasanya Anda lakukan jika perhiasan emas Anda tidak bercahaya lagi? Jual kemudian beli yang baru? Tidak dibutuhkan! Anda bisa membersihkan perhiasan emas sendiri, kok. Berikut adalah cara membersihkan perhiasan emas yang sudah ada blog vani untuk anda.

10 Cara Membersihkan Perhiasan Emas Yang Kusam agar Kembali Berkilau

10 Cara Membersihkan Perhiasan Emas 

1. Amonia
Cara membersihkan perhiasan emas pertama adalah dengan menggunakan amonia. Senyawa kimia dengan rumus NH₃ terkenal dengan baunya yang tajam. Amonia adalah obyek yang sangat efektif untuk mengembalikan keindahan perhiasan emas yang indah. Untuk melakukannya, kombinasikan 1: 6 cairan amonia dan air dalam mangkuk. Setelah itu, Anda bisa merendam perhiasan emas yang ingin Anda bersihkan. Diamkan selama 1 menit. 

Karena amonia bersifat korosif, jangan merendam emas terlalu lama, hanya 1 menit. Jika sudah 1 menit, angkat emas dan bilas dengan menggunakan air bersih. Segera keringkan perhiasan emas anda dengan kain lembut. Saat melakukan ini, cobalah menggunakan sarung tangan dan alat karet seperti pinset untuk mencegah agar cairan amonia tidak terkena kulit Anda. Dan, cara ini tidak disarankan untuk dilakukan sering, mengingat amonia memiliki sifat korosif. Cara ini tidak cocok untuk perhiasan emas yang memiliki kandungan mutiara dan platinum.

2. Pasta gigi
Sekarang mari kita bahas cara mencuci emas selain menggunakan amonia. Jika Anda merasa penggunaan amonia terlalu berbahaya dan berisiko, Anda bisa menggunakan bahan ramah pada kulit dan lagi harganya lebih murah. Apakah itu? Jawabannya adalah pasta gigi. Setiap orang harus memiliki pasta gigi di rumah. Tidak hanya bagus untuk menjaga kebersihan dan kebersihan gigi, pasta gigi juga bisa digunakan untuk mencuci perhiasan emas Anda. Ini karena pasta gigi adalah zat abrasif ringan yang bisa menghilangkan kotoran dari emas. 

Cara membersihkan perhiasan emas menggunakan pasta gigi adalah dengan mencampur pasta gigi 2,5 cm dengan air secukupnya. Penggunaan air disini berguna untuk membuat pasta gigi jadi tidak terlalu tebal, tapi jangan terlalu kurus. Pakai sikat gigi yang empuk, lalu gosokkan pasta gigi yang telah dicampur dengan air pada emas yang ingin Anda bersihkan. Gosok seluruh permukaan emas dengan lembut, lalu bilas dan keringkan. Cara ini bisa membersihkan dan mengembalikan keharuman perhiasan emas Anda. Cara ini bisa diaplikasikan ke semua jenis emas kecuali ada mutiara.

3. Sabun cuci piring
10 Cara Membersihkan Perhiasan Emas Yang Kusam agar Kembali Berkilau

Selain pasta gigi, sabun cuci piring adalah cara membersihkan perhiasan emas yang mudah dan sederhana. Setiap orang pasti punya sabun cuci piring di rumah kan? Sabun pencuci piring mengandung surfaktan (molekul yang bisa menyatukan minyak dan air). Kandungan surfaktan ini bisa membantu menghilangkan kotoran yang melekat pada perhiasan emas. Sabun semprotan juga mengandung Builder yang bisa meningkatkan kekuatan surfaktan. Cara membersihkan emas menggunakan sabun cuci piring adalah menyiapkan semangkuk air hangat. Tuangkan sedikit sabun cuci piring dan aduk dengan jari Anda. Setelah itu, masukkan perhiasan Anda ke dalam larutan dan diamkan selama 15 menit. 

Proses ini akan mengangkat akumulasi debu, noda, dan kotoran yang terselip ke dalam perhiasan. Setelah 15 menit, angkat perhiasan dan sikat menggunakan sikat gigi yang lembut. Sikat perhiasan perlahan dengan gerakan langsung agar memperkecil terjadinya gesekan. Seperti biasa, jika sudah selesai segera bilas emas dan keringkan. Perhatikan suhu air yang digunakan dalam proses perendaman. Airnya cukup hangat, jangan gunakan air panas apalagi air mendidih karena bisa merusak batu mulia pada perhiasan Anda (jika ada). Namun, jika perhiasan emas Anda tidak menempel dengan batu mulia maka penggunaan air panas tidak menjadi masalah.

4. Air mendidih
Cara membersihkan perhiasan emas berikutnya adalah dengan menggunakan air mendidih. Air mendidih bisa menghilangkan kotoran, debu, noda, lilin, dan lain-lain yang menumpuk pada perhiasan. Sebenarnya emas bisa Anda rebus dan tidak akan ada masalah sama sekali. Namun, untuk perhiasan emas tertentu dilapisi dengan bahan lain seperti dyestuff (putih dan mawar emas) dan aksesoris tambahan seperti batu berharga bisa menjadi masalah. Apalagi kalau batu mulia di lem. Air mendidih bisa mencairkan aksesoris lem. 

Tak hanya itu, air mendidih juga bisa membuat batu permata halus seperti mutiara, koral, dan opal jadi retak. Apalagi jika kondisi perhiasan sebelum terpapar air panas dalam keadaan dingin. Jadi, cara ini hanya bisa dilakukan untuk perhiasan yang seluruhnya terbuat dari emas tanpa tambahan asesoris. Cara ini juga bisa berlaku jika perhiasan Anda terpampang dengan batu permata keras seperti berlian. Caranya, tuangkan air mendidih ke dalam mangkuk. Lalu, rendam perhiasan yang ingin Anda bersihkan. Lalu, biarkan sampai air mendingin. Jika airnya tidak terlalu panas lagi, Anda bisa mengangkat perhiasan dan menggosoknya dengan sikat lembut. Seperti biasa, bilas dan keringkan emas.

5. Shampoo
Ternyata selain sabun cuci piring, Anda bisa menggunakan sampo untuk membersihkan perhiasan emas. Bahan yang dibutuhkan adalah 2 sdm sampo, 1 gelas air hangat, dan 1 sikat lembut. Caranya, tuangkan sampo ke dalam segelas air hangat, aduk. Rendam emas selama 20 menit, lalu sikat perlahan.

6. Baking Soda
Punya baking soda di rumah? Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan perhiasan emas Anda. Yang Anda butuhkan adalah 60 ml baking soda dan 2 sdm air. Aduk kedua bahan tersebut untuk membentuk pasta kental. Tempelkan pasta ke dalam perhiasan, diamkan sebentar, lalu tuangkan cuka. Bilas dengan air bersih, lalu keringkan. Jangan gunakan metode ini jika emas Anda memiliki permata dan batu mulia.

7. Alkohol
Jika ada noda keras kepala keras kepala yang membandel atau noda, Anda bisa menggunakan alkohol untuk menghilangkannya. Caranya, celupkan perhiasan itu ke dalam alkohol, rendam sebentar dan kemudian sikat. Atau jika perhiasan Anda terpasang asesorisnya, sebaiknya jangan mencelupkannya ke dalam alkohol, tapi bersihkan dengan cotton bud yang baru dicelupkan ke dalam alkohol saja.

8. Pinset
Selain alkohol, jika ada noda keras kepala yang terselip di sela-sela perhiasan, Anda bisa menggunakan pinset. Jika tidak ada pinset, Anda bisa menggunakan benda tajam dan tipis lainnya.

9. Pengeringan
Proses pengeringan harus dilakukan setelah perhiasan emas terpapar air. Anda bisa menggunakan kain lembut atau kain lap. Untuk menjadi sangat kering, biarkan emas di tempat terbuka sebelum dikembalikan ke kotak perhiasan.

10. Pergi ke pengrajin 
10 Cara Membersihkan Perhiasan Emas Yang Kusam agar Kembali Berkilau

Cara membersihkan perhiasan emas berikutnya adalah datang ke pengrajin atau toko tempat Anda membelinya. Ini adalah hal terakhir yang Anda lakukan jika Anda kurang percaya diri dalam membersihkan perhiasan Anda sendiri di rumah. Berikan tugas pembersihan ini kepada para ahli, karena mereka tahu cara terbaik membersihkan perhiasan dengan bahan apapun.

Itulah berbagai cara membersihkan perhiasan emas dari Blog vani. Cara di atas dapat digunakan untuk emas kuning, emas putih, emas imitasi, dan semua jenis emas lainnya. Anda bisa juga membersihkan emas dengan menuangkan bir pada kain lalu mengelapkannya pada emas.