10 Cara Memilih Sepatu Futsal yang Bagus, Nyaman dan Berkualitas

10 Cara Memilih Sepatu Futsal yang Bagus, Nyaman dan Berkualitas
10 Cara Memilih Sepatu Futsal yang Bagus, Nyaman dan Berkualitas
10 Cara Memilih Sepatu Futsal yang Bagus, Nyaman dan Berkualitas.Siapa yang suka bermain futsal? Kegiatan olah raga yang menarik ini biasanya dibudidayakan pria, meski ada juga wanita yang menyukainya. Jika Anda rutin bermain futsal dengan teman, atau jika Anda adalah pemain futsal profesional, tentu Anda harus menggunakan sepatu futsal yang berkualitas bagus dan sesuai untuk Anda.

Pasalnya, jika sepatu futsal dipilih secara acak, rasa takutnya pun tak nyaman dipakai. Lebih buruk lagi, bisa jadi sepatu yang tidak pas itu malah melukai Anda. Jangan sampai kejadian itu, ya. Makanya, Blog vani akan memberi tahu anda 10 cara memilih sepatu futsal berkualitas terbaik dan tentunya cocok untuk anda.

10 Cara Memilih Sepatu Futsal yang Bagus 

1. Perhatikan Bahan Sepatunya
10 Cara Memilih Sepatu Futsal yang Bagus, Nyaman dan Berkualitas

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih sepatu futsal yang bagus adalah bahannya. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat sepatu futsal ada empat, yaitu kulit, kulit imitasi, karbon, dan kain. Menurut ahli sepatu, bahan sepatu futsal terbaik adalah serat karbon. Mengapa? Karena bahan serat karbon yang kuat, ringan, fleksibel, dan sirkulasi udara yang baik. Review pengguna alas kaki futsal bahan serat karbon terasa nyaman dan menjadi lebih gesit saat menjadi "tempur" di lapangan. Sementara bahan sepatu futsal yang harus dihindari adalah kulit imitasi karena kurang nyaman dipakai dan lebih cepat rusak.

2.  Memilih Bahan Upper
Bagian atas atau belakang sepatu adalah faktor penting berikutnya yang harus Anda pikirkan terlebih dahulu sebelum membeli sepatu futsal. Seperti asmara, kenyamanan adalah hal yang perlu dicari dari sepatu futsal, bukan fisik dan warnanya. Makanya, saat sepatu olahraga merek keluar sepatu futsal, biasanya tertulis "kulit atas" atau "upper synthetic". Untuk kenyamanan dan kualitas dari atas kulit asli (kulit) jauh lebih baik daripada yang sintetis.

3. Desain Atas Sepatu
Setelah meneliti bahan bagian atas, Anda juga perlu mempertimbangkan desain bagian atas bagaimana memilih sepatu futsal. Apalagi jika Anda berada di posisi si penembak, sepatu bagian atas adalah "tempat" untuk syuting, kan? Pilihlah sepatu futsal yang bentuk atasnya paling pas bagi Anda untuk melakukan gerakan futsal.

4. Desain Sepatu Belakang
Selain disain atas, desain bagian belakang sepatu juga penting, loh! Tujuan disain belakang bukan gambar atau asesorisnya, ya, tapi desainnya adalah pijakan. Heel adalah salah satu kaki terpenting di futsal, dan tak jarang orang menderita luka karena kurang tepat saat Anda berdiri. Karena itu, Anda harus memiliki sepatu futsal yang merancang tumit yang bagus. Mulai dari fleksibilitas, ketebalan, sampai jumlah lapisan di tumit harus sesuai.

5. Jahitan dan Sol
Cara memilih sepatu futsal ke-5 adalah melihat jahitan sepatunya. Pilih sepatu yang berjajar rapih agar lebih awet. Meski Anda membeli sepatu dari merek ternama masih harus mengecek jengkal, takut ada rilis. Hal lain yang harus diwaspadai adalah sol sepatu. Sol adalah telapak kaki. Oleh karena itu, sol harus terbuat dari bahan yang fleksibel, kuat, lembut, dan bisa menyerap keringat dengan baik. Pilih sepatu futsal yang agak tebal sehingga tidak terasa sakit saat Anda berdiri tegar di lapangan. Sesuaikan sol sol sepatu futsal dengan jenis bidang yang biasa Anda pakai. Sebagian besar lapangan futsal di Indonesia jika tidak menggunakan lantai biasa, memakai rumput sintetis. Pilihlah sepatu dengan sol yang ada tarikan (tonjolan) itu jika Anda sering ke lapangan futsal dengan rumput sintetis.

6. Bentuk Kaki
Bentuk kaki masing-masing orang tidak sama. Anda harus tahu bentuk kaki Anda sendiri dan kemudian mencari sepatu yang paling sesuai untuk bentuk kaki Anda. Ada dua jenis sepatu futsal, yaitu Wide-Fit dan Slim-Fit. Kira-kira kamu lebih cocok pakai sepatu jenis apa?

7. Ukuran Sepatu
Tak hanya sepatu futsal, dalam memilih sepatu apapun juga ukurannya pas. Tapi, ukuran pas untuk sepatu futsal tidak berarti pas seperti saat Anda membeli sepatu kets, iya. Tingkatkan ukuran sepatumu sebesar 1 cm bukan ukuran kaki Anda yang sebenarnya, karena saat banyak menggerakkan kaki Anda akan membengkak. Makanlah Anda membutuhkan lebih banyak tempat di sepatumu.

8. Lapangan
10 Cara Memilih Sepatu Futsal yang Bagus, Nyaman dan Berkualitas

Bidang futsal tentu dalam ruangan, tapi lantainya berbeda. Ada plot lantai polos (vynil, taraflex, semen, teh) ada juga rumput (rumput sintetis). Untuk bidang rumput Anda membutuhkan sepatu futsal yang memiliki tonjolan di telapak kaki sehingga pegangannya lebih stabil dan tidak licin saat digunakan untuk berlari.

9. Posisi
Ada banyak posisi di game futsal. Posisi apa kamu Cara memilih sepatu futsal bervariasi, sesuai dengan posisi yang biasa Anda pegang. Jika Anda seorang penembak, pilihlah sepatu yang agak ketat dan depan yang kokoh. Jika Anda adalah orang yang lewat, pilih satu-satunya. Jika Anda seorang dribbler, pilih sepatu yang ringan dan lentur.

10. Anggaran
Cara memilih sepatu futsal selanjutnya adalah menyesuaikan budget. Banyak orang yang memilih sepatu asal karena keterbatasan budget. Akhirnya KW atau sepatu dupe menjadi pilihan. Padahal, kualitas sepatu KW sangat buruk dibandingkan dengan produk aslinya. Alih-alih membeli sepatu dupe, sebaiknya beli sepatu lokal yang lebih murah tapi asli.

Nah, itu dia 10 cara memilih sepatu futsal yang bagus dan berkualitas versi Bacaterus. Semoga informasi ini dapat berguna buat Anda. Jika Anda tahu tips lainnya dalam memilih sepatu futsal, jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar, ya! Terima kasih