10 Cara Menghilangkan Bau Kaos Kaki Dengan Dan Mecegah Datang Kembali

10 Cara Menghilangkan Bau Kaos Kaki Dengan Dan Mecegah Datang Kembali
10 Cara Menghilangkan Bau Kaos Kaki Dengan Dan Mecegah Datang Kembali
Kita hidup di negara tropis, jadi makanan kita sehari-hari panas atau lembab. Kita tidak bisa memilih, karena Indonesia hanya memiliki dua musim: kekeringan dan hujan. Selama musim kemarau, kaki akan lebih mudah berkeringat. Selama musim hujan, alas kaki tidak akan lepas dari basah dan lembab. Kedua kondisi ini membuat kaus kaki menjadi lebih cepat.

Kaus kaki bau bisa menciptakan suasana yang tidak nyaman bagi lingkungan Anda. Selain merusak kepercayaan diri Anda, teman Anda akan menilai jika Anda malas karena Anda tidak pernah mencuci kaus kaki. Lebih buruk lagi, menurut London School of Hygiene dan Tropical Medicine, kaus kaki bau bisa menarik semua jenis nyamuk, termasuk nyamuk malaria!

Ada begitu banyak kerugian yang membuat bau kaus kaki tercipta, ya? Oleh karena itu, Anda harus melakukan semua yang Anda bisa untuk melepaskan kaus kaki dari aroma. Terkadang hanya mencuci saja tidak cukup untuk menghilangkan bau kaus kaki yang tidak menyenangkan. Untuk itu, ikuti 10 cara untuk melepaskan kaus kaki dengan mudah versi Blog vani ini.
10 Cara Menghilangkan Bau Kaos Kaki Dengan Dan Mecegah Datang Kembali

10 Cara Menghilangkan Bau Kaos Kaki 

1. Siapkan Wadah
Cara menghilangkan bau kaus kaki terlebih dahulu adalah menyiapkan wadah. Sebelum memulai proses perendaman dan pencucian, tentunya Anda butuh wadah dulu, bukan? Wadahnya bisa apa saja. Baskom, ember, wastafel, wastafel, terserah Anda.

2. Isi Air
10 Cara Menghilangkan Bau Kaos Kaki Dengan Dan Mecegah Datang Kembali

Jika wadah sudah ada, isi dengan air bersih. Sebaiknya gunakan air dingin (air saja) dari air hangat atau air panas. Sebab, air dingin tidak akan membuat kaus kaki mengecil atau longgar.

3. Pisahkan Kaus Kaki
Mungkin Anda berpikir bahwa kaus kaki tidak akan pudar. Memang, tidak semua kaus kaki mudah pudar. Tapi, daripada kejadian selanjutnya, lebih baik mencegahnya dulu kan? Pisahkan kaus kaki dengan warna atau jenis. Jadi, kaus kaki putih dimasukkan ke dalam wadah yang hanya berisi kaus kaki putih. Kemudian, untuk kaus kaki warna cerah (warna pink, kuning, dan pastel) bisa disatukan. Begitu pula kaus kaki hitam, seperti hitam, ungu, biru tua, hijau tua, dan merah tua, semuanya bisa disatukan dalam wadah yang sama. Juga pastikan kaos kaki dicuci benar benar dan kiri, sehingga Anda tidak perlu mencari masalah nanti saat digunakan.

4. Tuangkan Sabun
Cara menghilangkan bau kaus kaki dengan mudah berikutnya adalah memberi sabun. Gunakan deterjen favorit Anda secukupnya. Jika ada noda atau kotoran di kaus kaki yang sulit hilang, Anda bisa menuangkan sabun ekstra ke bagian kaus kaki yang bernoda. Atau, jika Anda memiliki cairan pembersih noda, tuangkan juga ke area kaus kaki yang kotor. Sebab, bisa jadi bau busuk pada kaos kaki Anda berasal dari kotoran.

5. Rendam
10 Cara Menghilangkan Bau Kaos Kaki Dengan Dan Mecegah Datang Kembali

Ini adalah bagian yang paling menyenangkan dalam bagaimana menyingkirkan kaus kaki, berendam! Anda hanya menunggu selama 30 menit, atau 1 jam, terserah Anda, dan biarkan sabun dan noda dihapus melakukan pekerjaannya. Namun, Anda juga perlu memperhatikan waktu perendaman. Sebab, jika kaus kaki terlalu panjang basah, yang bukan kaus kaki yang baunya sangat basi.

6. Kucek
Setelah 30 menit - 1 jam pencelupan, Anda bisa mulai menggosokkan kaus kaki dengan tangan. Kucek dengan lembut semua bagian kaus kaki, terutama yang memiliki noda dan kotoran hingga bersih.

7. Remas
Dalam meremas kaus kaki Anda seharusnya tidak memelintir mereka seperti biasanya pada pakaian. Kaus kaki terbuat dari bahan yang fleksibel dan ada karet di atasnya. Jika Anda memutar kaus kaki, takut kaus kaki Anda akan jadi rusak tekstur dan karet di pergelangan tangan. Jadi, bagaimana cara meremas kaus kakinya hanya dengan tangan atau menekannya dengan menggunakan tangan sampai airnya terbuang banyak.

8. Bilas
Bilas kaus kaki Anda dengan air bersih untuk menghilangkan buih dan sisa deterjen.

9. Berikan aroma Pewangi
Tentu lawan yang berbau cucian adalah pewangi dan pelembut kain. Tuangkan produk wewangian dan pelembab favorit Anda ke dalam semangkuk air bersih, lalu masukkan kaus kaki yang dibilas. Rendam selama 15 - 30 menit.

10. Keringkan
Cara mengeringkan kaos kaki bisa bermacam-macam. Jika Anda rileks (tidak akan menggunakan kaus kaki itu sekarang), lalu keringkan kaus kaki seperti biasa. Tapi, jika Anda sedang terburu-buru, Anda bisa menggunakan handuk atau pengering rambut untuk mengeringkan kaus kaki lebih kencang.

Cara Kedua Membersihkan Kaos Kaki Lainnya

Jika langkah-langkah dari Bacaterus di atas masih kurang kuat menghilangkan bau pada kaus kaki Anda, ayo sekarang coba cara menghilangkan bau kaus kaki dengan menggunakan bahan lain, yuk.

11. Cuka
Jika menurut Anda deterjen saja tidak cukup untuk menghilangkan bau kaus kaki, coba gunakan cuka. Cuka putih alias cuka putih punya banyak manfaat. Selain bagus untuk kecantikan kulit, cuka putih juga bisa digunakan untuk cara menghilangkan bau kaus kaki. Siapkan 1 hd (235 mL) cuka putih, 3 tudung air, lalu aduk keduanya. Setelah itu, rendam kaus kaki busuk dengan larutan untuk satu malam. Setelah itu, Anda bisa mencucinya seperti biasa.

12. Enzyme Cleanser
Cara menghilangkan bau kaus kaki lainnya adalah dengan menggunakan pembersih enzim. Enzim pembersih pembersih enzim alias enzim adalah cairan yang bisa menguraikan kotoran ke molekul terkecil. Karena sifat ini, pembersih enzim yang bisa Anda gunakan juga untuk menghilangkan bau kaus kaki. Selain bau, pembersih enzim juga akan menghilangkan noda yang membandel bahkan dari kaus kaki Anda, loh!

13. Hidrogen Peroksida
Hidrogen peroksida adalah cairan bening, agak lebih kental dari air, yang merupakan zat pengoksidasi kuat. Senyawa ini ditemukan oleh Louis Jacques Thenard pada tahun 1818. Cairan kimia ini juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan bau kaus kaki. Hidrogen peroksida mengandung anti bakteri, jadi bila kaus kaki berbau terpapar hidrogen peroksida, bakteri penyebab bau tak sedap itu akan hilang. Campurkan air dan hidrogen peroksida dengan rasio 3: 1. Lalu, rendam kaus kaki Anda dengan campuran larutan semalam. Di pagi hari, cuci kaus kaki Anda seperti biasa.

14. Baking Soda
Selain menjadi bahan penting dalam membuat berbagai makanan olahan, baking soda juga dikenal dengan khasiatnya untuk menghilangkan bau. Anda bisa mencampur baking soda dengan deterjen, lalu cuci kaus kaki Anda seperti biasa. Mudah, bukan?

15. Rubbing Alkohol
Rubbing alkohol adalah cara menghilangkan kaus kaki dari Bacaterus terakhir. Menggosok alkohol, juga dikenal sebagai isopropil alkohol, adalah benda multifungsi. Menggosok alkohol bisa digunakan sebagai pembersih antiseptik, pembersih telinga, pembersih kuku, penghilang gatal, dan juga P3K. Tapi yang terpenting, menggosok alkohol juga merupakan agen pembersih yang baik untuk menghilangkan bau pada kaus kaki. Menggosok alkohol atau alkohol gosok sebaiknya dicampur dengan air terlebih dahulu, rasionya 1: 2 alkohol. Setelah larutan dicampur, rendam kaus kaki Anda dalam semalam dalam larutan. Cuci kaus kaki seperti biasa di pagi hari.

Nah, selesai sudah pembahasan Blog vani kali ini tentang cara menghilangkan bau kaos kaki secara mudah. Memang, agak sulit jika Anda ingin menghilangkan bau kaos kaki tanpa dicuci. Tapi, untuk pencegahan, Anda bisa menyimpan silica gel atau pengharum pakaian di tempat penyimpanan kaos kaki Anda, agar senantiasa kering (tidak lembab) dan harum. Selamat mencoba!