10 Cara Menghilangkan Cat di Baju Dengan Cepat dan Mudah

10 Cara Menghilangkan Cat di Baju Dengan Cepat dan Mudah
10 Cara Menghilangkan Cat di Baju Dengan Cepat dan Mudah
Cara menghilangkan noda cat yang sudah kering di baju- Jika Anda mengecat dinding di rumah, kami lebih suka menggunakan kaos bekas sehingga jika terkena percikan cat, baju itu baru saja dibuang. Tapi, terkadang stok pakaian bekas atau pakaian seperti itu tidak ada, jadi kita terpaksa menggunakan kemeja yang bagus. Agak sulit untuk menjaga agar baju benar-benar terhindar dari noda cat, karena tanpa disadari cat akan "terbang" ke mana-mana.

Atau, bagaimana jika bayi Anda membuat bengkel cat. Anak-anak tidak mengerti apa itu kerapian dan kebersihan, sehingga pakaian mereka akan menjadi noda cat, sangat, sangat banyak. Lalu, sebagai orang tua, apa yang akan Anda lakukan? Buang pakaiannya terdengar sederhana. Tapi bagaimana jika pakaian itu pakaian favorit anak anda?
10 Cara Menghilangkan Cat di Baju Dengan Cepat dan Mudah


Alih-alih membuang-buang kemeja, bagaimana dengan sedikit usaha dengan 10 cara menghilangkan cat di baju yang akan dijelaskan Blog Vani di bawah ini? Langkah-langkahnya tidak sulit dan bahan yang dibutuhkan pun mudah di bisa. Yang Anda butuhkan hanyalah kesabaran dan kesabaran untuk memulai. Ayo, baca materi dan langkah-langkahnya di bawah ini:


10 Cara Menghilangkan Cat di Baju 

1. Air

Arus air adalah teman baik dari pakaian yang dicat, jika catnya masih basah. Caranya, air yang mengalir langsung mengalir pada pakaian bernoda, lalu sikat dengan sikat gigi bekas pakai. Sikat perlahan, jika bisa salah satu caranya, agar tidak merusak serat pakaian. Jika masih kurang bersih, tambahkan deterjen cair lalu sikat kembali ke bersih.

2. Pisau / Sendok
Cara selanjutnya menghilangkan cat di baju adalah dengan menggunakan pisau atau sendok. Cara ini lebih mudah digunakan pada noda cat yang sudah kering. Gores noda cat dengan menggunakan pisau, coba kusam agar tidak merusak baju Anda. Atau, jika Anda takut pisau itu akan merusak kaosnya, Anda bisa menggunakan sendok. Setelah noda cat kering terkikis, ambil kain yang sudah dituangkan cairan tipis secukupnya, lalu tepuk-tepuk baju bernoda baju. Setelah itu, rendam pakaian atau pakaian bernoda hanya menggunakan air dingin + deterjen. Kemudian, cuci seperti biasa, dan noda cat bisa diangkat dengan baik dari pakaian Anda.

3. Deterjen
Jika noda cat yang sudah mengering masih membandel, gunakan deterjen. Usahakan menggunakan deterjen cair, karena konsentrasinya lebih baik dari deterjen bubuk untuk masalah ini. Tuangkan deterjen cair pada pakaian bernoda, lalu rendam dalam air hangat selama setengah jam. Setelah itu, kucek baju Anda dengan tangan atau spons yang lembut. Menyelesaikannya, cuci pakaian Anda kembali di mesin cuci seperti biasa.

4. Alkohol
Alkohol adalah kebalikan dari cat. Jadi, tentu saja alkohol bisa menjadi jawaban bagaimana cara menghilangkan cat di baju dengan mudah. Jenis alkohol yang dapat Anda gunakan bervariasi dari aseton, cat / thinner, larutan isopropil, sampai alkohol murni. Semua jenis alkohol bisa Anda pakai, diberikan tanpa warna. Tuangkan cukup alkohol ke area kemeja yang diwarnai, diamkan sebentar, lalu gosok noda menggunakan kain lembut. Ulangi langkah sampai cat diangkat dengan sempurna. Setelah itu, bilas pakaian Anda dengan air hangat, cuci seperti biasa, lalu keringkan. Jangan lupa menggunakan masker / mulut karena bau alkohol bisa mengganggu pernapasan!

5. Sabun Pencuci piring
Pernah terbayang mencuci baju dengan sabun pencuci piring? Ternyata bisa membantu mengangkat noda cat, tablet! Caranya, tuangkan sabun cuci piring ke dalam pakaian bernoda. Setelah itu, rendam pakaian Anda dengan air hangat + pakaian mencuci cairan selama beberapa jam. Biasanya cat akan memudar dengan sendirinya jika menggunakan kombinasi larutan ini. Jadi, Anda bisa membilasnya. Tapi, jika masih ada sisa cat, oleskan sabun di bagian yang bernoda. Lalu, sikat bagian dengan sikat gigi bekas.

6. Tissue
Cat yang tentang baju anda benar-benar stick alias masih basah? Cara menghilangkan cat pada kemeja dengan cepat adalah dengan menggunakan tisu. Lap cat noda pada baju Anda menggunakan jaringan kering. Diseka, ya, jangan digosok! Cat butuh waktu untuk merembes ke dalam kain, jadi menyeka noda cat menggunakan tisu sangat bagus segera dilakukan. Jika Anda menggosok noda alih-alih mengelapnya, maka cat justru akan didorong lebih dalam ke serat kain, sehingga nantinya akan lebih sulit dikeluarkan.

7. Kuku
Terburu-buru Tidak ada alat yang bisa digunakan untuk mengangkat cat kayu / cat poster pada pakaian Anda? Tak perlu panik, karena ada benda alam yang Anda miliki yang bisa digunakan untuk mengikis cat. Apakah kuku, tulang luar tubuh kita, yang bisa digunakan untuk mengangkat cat. Cara menghilangkan cat di kaos ini bisa digunakan jika catnya kering ya. Scrape noda cat di satu arah, berlawanan serat kain, lalu lakukan bolak-balik sampai noda terangkat dengan sempurna. Jika kuku Anda pendek, Anda juga bisa menggunakan koin atau es krim.

8. Amonia atau Cuka
Rendam bagian pakaian Anda terkena noda cat dengan menggunakan air dingin sampai benar-benar basah. Sambil menunggu pakaian yang terendam, siapkan kain bebas serat (kain bebas serat), amonia, cuka putih, garam, sendok dan mangkuk. Dalam mangkuk, kombinasikan 240 ml amonia, 240 ml cuka putih dan segenggam garam, dan aduk dengan sendok sampai larutannya dicampur. Setelah solusinya selesai, angkat baju Anda, lalu peras untuk mengeluarkan air yang menetes. Lap serat bebas akan digunakan sekarang. Celupkan kain pada larutan amonia, lalu gosok noda cat menggunakan kain. Jika tidak ada lap yang sama, Anda juga bisa menggunakan spons. Jika Anda merasa sengatan dicabut, bilas dengan air. Setelah dibilas, akan jelas apakah noda sudah diangkat dengan sempurna atau tidak. Ulangi proses diatas jika masih ada noda yang tersisa. Lalu, jangan lupa cuci baju lagi di mesin cuci seperti biasa.

9. Pembersih Kaca atau Hair Spray
Cara menghilangkan cat pada baju yang satu ini menggunakan barang yang ada di dalam rumah. Anda pasti memiliki pembersih kaca / semprotan, bukan? Kemudian, jika Anda suka rambut, Anda pasti memiliki hair spray di rumah. Anda bisa menggunakan dua item itu untuk menghilangkan noda cat dari pakaian Anda. Pertama-tama, semprot pembersih kaca atau semprotan rambut pada kain pembersih / spons. : debu di atas noda untuk beberapa saat agar cairan bisa meresap ke dalam kain. Lalu, gosok noda di baju Anda menggunakan kain atau spons. Gosok dengan gerakan mantap dan perlahan, Anda tidak ingin noda catnya jadi menyebar, bukan? Lakukan sampai cat diangkat semua. Setelah itu, segera cuci pakaian anda, jangan dibungkam.

10. Cara Menghilangkan Cat Sablon

Anda harus tahu bahwa screen printing adalah cat yang digunakan untuk memberi gambar atau tulisan di baju. Jadi, orang pasti dengan sengaja menuangkan cat di baju Anda, bukan tidak sengaja. Tapi, bagaimana jika ada kesalahan pada gambar / teks tersebut, dan Anda ingin menghapusnya? Tenang saja, screen printing cat juga bisa diangkat, kok. Anda bisa menggunakan pelarut kimia khusus untuk menghilangkan cat stensil. Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan pelarut seperti yang telah dibahas di bagian Alkohol di atas, misalnya aseton, heksana, pembersih lem, atau lebih tipis.

Caranya, taruh baju Anda ke pengering dalam suhu tinggi selama beberapa menit. Langkah ini akan membuat cat sablon memanas hingga rileks. Lalu, kembalikan bajumu, jadi sablonnya ada di baju. Kemudian, tuangkan banyak cairan pelarut di bagian belakang cat sablon. Langkah selanjutnya, lepas bagian baju yang terkena cat sablon. Proses peregangan atau peregangan ini dapat membantu cairan pelarut menembus dengan sempurna ke serat kain melalui lapisan sablon. Setelah itu, cat sablon Anda akan mengelupas perlahan. Anda bisa mulai mengelupas menggunakan alat seperti pisau atau sendok, karena pelarutnya berbahaya jika terkena langsung ke tangan Anda.

Nah, itu dia 10 cara menghilangkan cat di baju dengan cepat dan mudah versi Blog vani. Jika noda cat baru banget terkena pada baju Anda, langsung segera lakukan pembersihan, karena dengan begitu cat lebih mudah hilang daripada jika catnya sudah kering.