10 Cara Menghilangkan Kulit Mati di Badan,Tangan Dan Kaki dengan Scrub Alami

10 Cara Menghilangkan Kulit Mati di Badan,Tangan Dan Kaki dengan Scrub Alami
10 Cara Menghilangkan Kulit Mati di Badan,Tangan Dan Kaki dengan Scrub Alami
Cara Menghilangkan Kulit Mati di Badan,Tangan Dan Kaki dengan Scrub Alami- Dalam kehidupan sehari-hari, kulit kita akan terkena radikal bebas, debu di udara, asap knalpot, sinar UV dari sinar matahari, asap rokok, dan sebagainya. Partikel semacam itu bisa menyebabkan kerusakan pada kulit wajah dan juga tubuh. Seperti terjadinya bintik pada kulit wajah dan tubuh, dan juga akumulasi sel kulit mati yang menyebabkan kulit wajah dan badan terlihat tidak segar dan kusam.

Sebaiknya rutin melakukan pemindahan sel kulit mati agar tubuh tetap sehat dan segar. Bagi Anda pemilik kulit cenderung kering dan sensitif, Anda bisa melakukannya setiap dua minggu sekali. Sedangkan untuk Anda pemilik kulit berminyak, dan jerawat sebaiknya melakukan perawatan seminggu sekali. Lalu apa bahan scrub untuk mengangkat sel kulit mati di wajah dan badan itu? Ini termasuk:

1. Scrub Madu
10 Cara Menghilangkan Kulit Mati di Badan,Tangan Dan Kaki dengan Scrub Alami

Madu mengandung vitamin seperti vitamin C, antioksidan, mineral dan zat lainnya. Menggunakan scrub madu dengan rutinitas dapat menjaga kesehatan kulit, kelembaban kulit, mencerahkan kulit, meremajakan kulit, dan cocok untuk jenis kulit kering dan sensitif. Untuk membuat scrub madu, Anda cukup menggunakan 1-2 sendok makan madu dan 1-2 sendok makan gula. Aduk kedua bahan sampai halus, lalu oleskan pada wajah yang telah dibersihkan. Gosok perlahan dalam gerakan melingkar selama 10 menit, lalu diamkan selama 30 menit. Kemudian cuci muka dengan air hangat, lalu bilas kembali dengan air dingin.

2. Kopi Scrub
10 Cara Menghilangkan Kulit Mati di Badan,Tangan Dan Kaki dengan Scrub Alami

Kopi memiliki aroma yang menenangkan saat digunakan sebagai masker atau lulur. Kulit tubuh dan wajah juga akan kembali cerah, asalkan melakukan perawatan dengan menggunakan kopi secara teratur. Kopi juga bisa mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah dan tubuh saat digunakan sebagai scrub. Scrub kopi cocok untuk semua jenis kulit. Untuk membuat scrub kopi, Anda cukup menggunakan 1-2 sendok makan bubuk kopi dicampur dengan 1-2 sendok makan gula. Tambahkan 1-3 sendok makan air mawar atau minyak zaitun, aduk semua bahan sampai halus. Cara mengaplikasikannya sama dengan menggunakan scrub madu.

3. Minyak zaitun Scrub
Minyak zaitun banyak digunakan untuk produk kecantikan karena memiliki khasiat yang baik bagi tubuh. Isi minyak zaitun seperti lemak, vitamin dan zat besi saat Anda gunakan sebagai scrub, bisa membantu mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit. Minyak scrub minyak zaitun cocok untuk semua jenis kulit, tapi tidak disarankan bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawat. Untuk membuat minyak zaitun, Anda cukup menggunakan 1-2 sendok makan minyak zaitun dan 1-2 sendok makan gula atau bisa menggunakan gula merah. Aduk kedua bahan sampai halus lalu oleskan ke seluruh kulit. Gosok perlahan dengan gerakan melingkar selama 10 menit lalu diamkan selama 30 menit. Cuci muka dengan air hangat sampai bersih lalu bilas lagi dengan air dingin.

4. Scrub Bath Salt
Garam mandi juga bisa digunakan untuk mengangkat sel kulit mati. Tapi sebaiknya digunakan hanya untuk jenis kulit normal ya. Tidak hanya bisa dijadikan bak mandi untuk mandi, juga bisa digunakan untuk merendam kaki yang sakit. Untuk membuat scrub garam mandi, Anda cukup menggunakan 1 sendok makan garam mandi dicampur dengan 1-2 sendok makan madu atau minyak zaitun. Oleskan ke seluruh wajah, gosok perlahan dalam gerakan melingkar selama 10 menit lalu diamkan selama 30 menit. Kemudian cuci muka dengan air hangat sampai bersih lalu bilas lagi dengan air dingin.

5. Scrub Teh Hijau
Teh hijau mengandung antioksidan yang bisa melawan peradangan dan keganasan pada kulit. Selain itu Anda bisa menyeduh dengan sedikit jus jeruk, Anda juga menggunakan teh hijau sebagai scrub. Ini scrub teh hijau cocok untuk semua jenis kulit. Cara membuat scrub teh hijau cukup mudah, minum 2 sendok makan teh hijau, 2 sendok makan gula pasir, 1-2 sendok makan air mawar, dan 1-2 sendok makan madu atau minyak zaitun. Aduk semua bahan sampai halus lalu oleskan ke seluruh bagian wajah, lalu gosok perlahan selama 10 menit. Setelah itu diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat sampai bersih dan bilas lagi dengan air dingin.

6.Scrub alpukat
Alpukat mengandung serat, lemak, vitamin dan zat lainnya yang mampu menjaga kesehatan kulit. Kandungan alpukat mampu mengangkat sel kulit mati sehingga Anda terhindar dari penuaan dini. Scrub alpukat sangat cocok untuk jenis kulit normal, kering dan sensitif. Untuk cara membuat scrub alpukat, Anda harus memuluskan setengah alpukat, bisa menggunakan blender atau dihancurkan dengan garpu. Tambahkan alpukat halus ke dalam mangkuk bersih, lalu campurkan dengan 2-3 sendok makan gula, aduk rata. Oleskan pada wajah, lalu gosok perlahan dalam gerakan melingkar selama 10 menit. Diamkan sampai kering, lalu cuci sampai bersih.

7. Lemon Scrub
Lemon mengandung serat, protein, kalsium, vitamin C dan bioflavonoid yang bisa menangkal radikal bebas. Dengan menggunakan scrub lemon selain mengangkat sel kulit mati, kulit Anda juga bisa lebih cerah. Lemon scrub sangat cocok untuk anda yang memiliki jenis kulit berminyak, hindari scrub lemon saat anda meradang jerawat. Untuk membuat scrub lemon, ambil lemon berukuran sedang, peras dalam wadah bersih. Kemudian campurkan dengan 1 sampai 2 sendok makan gula, aduk rata. Oleskan pada wajah sambil menggosok perlahan dengan gerakan melingkar selama 10 menit. Diamkan sampai kering lalu bersihkan dengan air hangat lalu bilas dengan air dingin.

8. Scrub Gandum 
Gandum memiliki kandungan serat tinggi yang bisa digunakan untuk mengangkat sel kulit mati. Penggosok kulit gandum juga bisa menjaga kelembapan kulit dan mencegah iritasi kulit. Gandum scrub cocok untuk jenis kulit normal, kering dan sensitif. Cara membuat scrub gandum cukup mudah, Anda hanya butuh 2 sendok makan gandum, 1 sampai 2 sendok makan air, 2 sendok makan madu atau minyak zaitun. Aduk sampai halus lalu oleskan pada wajah sambil digosok perlahan selama 10 menit. Kemudian diamkan selama 30 menit lalu cuci dengan air hangat sampai bersih. Setelah itu bilas lagi dengan air dingin.

9. Scrub coklat
Cokelat mengandung vitamin, karbohidrat, lemak, protein dan zat lainnya dan mengandung antioksidan tinggi. Cokelat dipercaya bisa menangkal radikal bebas, mencegah penuaan dini, dan mencerahkan kulit. Scrub coklat bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Untuk membuat scrub coklat, Anda bisa menggunakan bubuk coklat ditambah dengan 1-2 sendok makan gula, 1-2 sendok makan air putih, 1-2 sendok makan madu atau minyak zaitun. Aduk semua bahan sampai halus, lalu oleskan pada wajah sambil digosok perlahan selama 10 menit. Kemudian diamkan selama 30 menit agar lebih banyak nutrisi meresap ke dalam kulit. Kemudian bersihkan dengan air hangat sampai bersih, lalu bilas lagi dengan air dingin.

10. Scrub Almond Nuts 
10 Cara Menghilangkan Kulit Mati di Badan,Tangan Dan Kaki dengan Scrub Alami

Almond mengandung vitamin, omega 3, mineral dan zat lainnya. Terutama kandungan vitamin E pada kacang almond, diyakini bisa mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat radikal bebas, dan terpapar sinar matahari. Almond nut scrub selain melembutkan kulit juga bisa menjaga kelembaban kulit agar sesuai untuk jenis kulit normal, kering dan sensitif. Untuk membuat scrub kacang almond, Anda harus mencampur 2-5 sendok makan kacang almond. Kemudian tuangkan almond halus ke dalam mangkuk bersih, tambahkan 2-3 sendok makan gula pasir, 2-3 sendok makan air mawar, atau madu, atau minyak zaitun dan aduk rata.

Oleskan pada wajah sambil digosok perlahan selama 10 menit lalu diamkan selama 30 menit. Cuci bersih dengan air hangat lalu bilas lagi dengan air dingin. Itu beberapa bahan scrub untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah dan tubuh. Untuk penggunaan pada tubuh, gunakan bahan di atas dengan perbandingan 2 sampai 3 kali dosis untuk scrub wajah, atau sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Penggunaan air mawar, madu atau minyak zaitun bisa ditebak asalkan viskositasnya pas dan juga tidak terlalu encer.

Proses pembersihan scrub menggunakan air hangat supaya kotoran yang menempel pada pori-pori kulit akan ikut terbuang. Dan proses pembilasan kedua dengan menggunakan air dingin dimaksudkan untuk menutup pori-pori kembali. Jika Anda memiliki pengalaman menggunakan scrub yang berbeda, silahkan berikan komentar dikolom yang sudah disediakan. Semoga bermanfaat. terima kasih