10 Cara Merawat Tas Kulit agar Awet, Warnanya Tidak Pudar, Tidak Terkelupas dan Cepat Rusak

10 Cara Merawat Tas Kulit agar Awet, Warnanya Tidak Pudar, Tidak Terkelupas dan Cepat Rusak
10 Cara Merawat Tas Kulit agar Awet, Warnanya Tidak Pudar, Tidak Terkelupas dan Cepat Rusak
Siapa yang tidak punya tas yang terbuat dari kullit? Rasanya seperti semua orang menginginkannya. Namun sayangnya, tidak banyak orang yang mengerti cara merawat tas kulit, sehingga tas jadi cepat pecah saat pembeliannya tidak terlalu lama. Apakah terbuat dari kulit asli atau kulit sintetis, tas harus dirawat dengan benar agar bertahan lebih lama.

Jika perawatan untuk tas kulit tidak terlalu memprihatinkan, tas kulit koleksi Anda akan berubah warna, kupas, bahkan kering dan pecah. Jika memang demikian, tas kulit tidak bisa dipakai lagi, dan Anda pun harus membeli tas baru. Tidak mau hal itu terjadi, kan? Jadi, ikuti tip dan cara merawat tas kulit dari Bacaterus di bawah ini. Tenang, jalannya tidak ribet, benarkah!

10 Cara Merawat Tas Kulit 

1. Bersihkan Noda
10 Cara Merawat Tas Kulit agar Awet, Warnanya Tidak Pudar, Tidak Terkelupas dan Cepat Rusak

Cara merawat tas kulit pertama adalah dengan segera membersihkan tas jika terkena noda. Jangan biarkan noda diserap lebih jauh ke dalam tas kulit. Mau ada noda, baik itu makanan, minuman, minyak, lumpur, darah, semua harus dibersihkan agar tidak meninggalkan noda permanen di tas Anda. Cara membersihkannya bervariasi, tergantung noda apa yang terkena pada tas. Anda bisa menyeka tas dengan tissue jika hanya noda pada makanan atau minuman. Tapi, jika noda bekas luka, Anda mungkin memerlukan produk pembersih khusus. Anda juga bisa menggunakan bubuk kapur putih untuk menghilangkan noda yang membandel dari tas kulit. Caranya, taburi bedak ke area kantong yang terkena noda. Diamkan serbuk kapur semalam, lalu lepaskan bubuk kapur dengan produk pembersih kulit.

2. Keringkan jika terkena Air
10 Cara Merawat Tas Kulit agar Awet, Warnanya Tidak Pudar, Tidak Terkelupas dan Cepat Rusak

Jika tas kulit Anda terkena air, apakah itu tumpahan air minum atau bahkan hujan, segera keringkan tas Anda. Caranya adalah dengan menyeka tas menggunakan handuk / handuk / lap kering. Setelah itu, biarkan tas itu kering secara alami dengan menyimpannya di tempat terbuka. Usahakan tidak mengeringkan tas kulit dengan menggunakan perangkat elektronik seperti pengering rambut dan sebagainya, karena takut merusak tekstur kulit tas Anda.

3. Gunakan Lap Khusus
10 Cara Merawat Tas Kulit agar Awet, Warnanya Tidak Pudar, Tidak Terkelupas dan Cepat Rusak

Saat menyeka, pengeringan, dan kondisioner tas kulit Anda perlu lap. Nah, Anda bisa menggunakan lap. Anda bisa menggunakan kapas, kain, handuk, atau apapun. Tapi bahan terbaik untuk tas kulit adalah kain serat mikro. Kain serat mikro memiliki tekstur yang sangat lembut, bisa menyerap kotoran dengan baik, dan tidak akan merusak tas kulit Anda. Jika tidak ada kain serat mikro, Anda bisa menggunakan kapas karena keduanya memiliki tekstur berserat dan lembut. Pilihan terakhir yang bisa digunakan sebagai tas kulit adalah tisu dan spons. Meski terasa lembut di tangan kita, jaringan memiliki serat yang tajam, tidak seperti kapas. Begitu pula spons yang termasuk kasar untuk tas kulit. Sebisa mungkin hindari menggunakan tissue dan spong untuk membersihkan dan merawat tas kulit, iya.

4. Bersihkan Setiap Sudut Tas 
Anda tentu bisa dengan mudah membersihkan noda pada bagian yang terlihat dari tas. Lalu, bagaimana dengan kotoran dan noda yang ada di pegangan, ritsleting, sudut mati, kancing, dan bagian dalam tas? Setiap kali Anda membersihkan tas, usahakan jangan sampai melewatkan seluruh tas dengan baik, iya.

5. Jauhkan dari sinar matahari
Mungkin ada orang yang berpikir untuk menggantungkan tas kulit setelah dicuci begitu cepat kering. Tapi anggapannya tidak tepat, itu akan membuat tas Anda akan cepat rusak jika terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari bisa menumpulkan warna kulit dan membuat tekstur kulit kering, retak, dan hancur. Untuk itu, saat Anda ingin mengeringkan tas, simpan di ruang terbuka dengan sirkulasi udara yang baik. Anda bisa mengeringkan tas kulit di dekat jendela, asalkan Anda tidak terkena sinar matahari langsung, iya. Semua ini dilakukan untuk tas kulit agar tidak mudah lepas.

6. Jangan Menumpuk Tas 
Cara menyimpan tas kulit yang bagus adalah yang terakhir, hindarilah dari sinar matahari. Lalu, berikutnya adalah jangan menumpuk tas. Jika Anda menumpuk tas, maka satu tas dengan yang lain akan bertabrakan. Tas, terutama tas kulit sapi, domba, atau tas dari kulit hewan lain harus diberi ruang agar bisa bernafas. Jika ditumpuk, pori-pori tas kulit akan ditutup dan mereka tidak bisa bernafas lega. Hal ini bisa memicu warna memudar, jadi tas lembab dan akan memicu pertumbuhan jamur, dan sebagainya. Untuk itu, simpan tas itu berturut-turut di lemari cermin. Atau, Anda juga bisa menggantung tas seperti gambar di atas.

7. Isi Tas ketika Disimpan 
Jangan biarkan tas kempes saat disimpan. Sama seperti saat tas Anda masih tersimpan di display toko, letakkan sesuatu agar tas tetap bugar. Biasanya tas isian adalah kertas yang dibuat menjadi bola. Isi tas Anda sampai penuh dan berbentuk dengan baik. Hindari menggunakan kertas bertinta seperti koran, bekas kertas, dan sebagainya karena takut tinta di atas kertas sudah pudar kotor di dalam tas.

8. Gunakan Dustbag
10 Cara Merawat Tas Kulit agar Awet, Warnanya Tidak Pudar, Tidak Terkelupas dan Cepat Rusak

Cara menyimpan tas kulit yang tepat adalah dengan membungkusnya kembali menggunakan kantong debu di atas bungkus tas yang biasanya disediakan oleh toko. Jika tas Anda memiliki sebuah kotak, masukkan juga ke dalam kotak agar tas jadi lebih tahan lama. Jangan lupa sertakan satu atau dua bungkus silika gel agar tas kulit tidak berjamur.

9. Berikan Kondisioner
Setidaknya sebulan sekali tas harus diberi conditioner. Seperti kulit kita yang diberi body lotion, rambut kita diberi hair conditioner, tas kulit juga perlu kondisioner tersendiri. Tas, terutama yang terbuat dari kulit binatang asli, mengandung uap air dan minyak alami yang bisa hilang selama berlalunya waktu. Khusus untuk sekantong kulit sintetis yang tidak mengandung pelembab alami sama sekali, Anda harus rajin rajin memberi kondisioner agar tas lebih awet. Sebelum mengoleskan kondisioner ke seluruh permukaan tas, coba produk terlebih dahulu di sudut tas. Jadi, jika kondisioner tidak pas, tidak akan meninggalkan bekas yang mengganggu di tas Anda.

10. Sering Dikeluarkan
Tas kulit tidak harus dijaga terus-menerus. Anda sebaiknya sering melepas tas kulit sehingga terpapar udara dan cahaya secukupnya. Tapi, jangan juga menggunakan tas kulit yang sama setiap hari. Anda bisa memutar penggunaan tas sehingga semua bisa meluangkan waktu untuk bernafas.

Itu dia 10 cara merawat tas kulit dengan cara sederhana dari Blog vani. Bagaimana, mudah sekali bukan cara merawat tas kulit? Sekarang yang perlu Anda obati hanya rasa malas untuk melakukan perawatan pada tas saja.

Nantikan tips merawat barang-barang lainnya dari Blog vani. Jika Anda punya tips untuk merawat tas kulit selain yang sudah kami sebutkan di atas, tolong beritahu kami di kolom komentar, terima kasih.