10 Cara Merobek Celana Jeans agar Menjadi Jeans Sobek Keren (Ripped Jeans)

10 Cara Merobek Celana Jeans agar Menjadi Jeans Sobek Keren (Ripped Jeans)
10 Cara Merobek Celana Jeans agar Menjadi Jeans Sobek Keren (Ripped Jeans)
10 Cara Merobek Celana Jeans agar Menjadi Jeans Sobek Keren (Ripped Jeans)- Celana robek selalu merupakan barang fashion yang bisa dipakai kapan saja. Sayangnya, harga celana robek agaknya agak mahal dibanding jeans biasa. Meski sobek, tapi sangat mahal, ya? Hehe. Tentu harga jeans robek lebih mahal karena celana ini melalui proses tambahan untuk menghasilkan air mata yang indah namun kuat.

Tapi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang, loh, sebenarnya punya celana jeans robek. Sebab, ada cara merobek jins untuk membuat jins robek. Pada kesempatan ini, Blog vani akan memberi tahu Anda siapa yang ingin bergaya tapi lagi pada budget bikinan bikin distress jeans alias robek di rumah.
10 Cara Merobek Celana Jeans agar Menjadi Jeans Sobek Keren (Ripped Jeans)

10 Cara Merobek Celana Jeans 

1. Siapkan Celana Jeans 
Sebelum melakukan cara untuk merobek jins, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengurutkan dan memilih jeans yang ingin Anda korbankan. Meski bisa merobek celana jeans apapun, akan lebih baik jika merobek celana yang sering dipakai. Jins bekas akan lebih tipis dari jeans baru. Jins tua juga lemah, jadi akan memudahkan Anda untuk merobeknya. Lalu, untuk pilihan warna jeans juga sebenarnya gratis. Tapi, untuk hasil grunge yang lebih dingin, biasanya orang menggunakan jins dicuci agar terkesan berkarat lebih dapetnya.

2. Siapkan Alat
Setelah menyortir celana jins yang ingin terkoyak, sekaranglah saatnya Anda mengumpulkan alat yang diperlukan. Anda akan membutuhkan Gunting atau Cutter untuk memotong jeans pada tahap awal. Kemudian, Anda mungkin memerlukan Keju Parut, Penjepit, Amplas, Coir Baja (mesin pencuci piring), atau Batu Terapung.

3. Bentangkan Jeans di Permukaan Datar 
Cara merobek levis pertama adalah dengan menyebarkan jins di area yang rata. Anda bisa melakukan langkah ini di atas meja, lantai di rumah, atau di teras.

4. Buat Pola
Begitu celana diregangkan, semua yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah membuat sebuah pola. Hal ini berguna untuk membuat Anda tetap fokus dan tidak merobeknya terlalu lebar. Pola juga bisa menjauhkan Anda dari kegagalan saat merobek jins. Anda bisa membuat pola menggunakan pensil kayu, pena, spidol, krayon, atau kapur tailor.

5.  Pertipis Celana Jeans
Cara merobek jins celana berikutnya adalah dengan menipiskan kain jins. Di sinilah ampelas sangat berguna. Ampelaslah daerah jeans fabric yang sudah anda punya pola tadi. Anda tidak perlu membalikkan celana, karena hasilnya akan lebih baik jika Anda mengasir permukaan celana jeans secara langsung. Ampelas akan melonggarkan serat jins, sehingga akan lebih mudah untuk merobek. Disini Anda bisa mengganti emery dengan keju parut atau coir baja. Jika Anda malas dan ingin melewatkan bagian ini juga sebenarnya bukan masalah sebenarnya. Tapi, jika Anda menginginkan serat ripped-jeans yang terkesan alami, sebaiknya lakukan tanpa melewatkan.

6. Lapisi Bagian Dalam Celana Jeans 
Siapkan pesawat atau papan yang terbuat dari kayu, kardus tebal, kaca, atau plastik tebal untuk melapisi bagian dalam celana jins. Saat melakukan proses merobek, Anda takut melakukannya terlalu dalam sampai tembus ke belakang jins. Inilah cara membuat jins robek tidak tembus cahaya. Untuk itu Anda memerlukan pesawat datar tebal untuk pisau, pemotong, keju parut, amplas, dan yang lainnya jangan sampai merobek celana (kecuali jika Anda benar-benar ingin membuat air mata juga ada di sana). Anda juga bisa menggunakan majalah bekas, buku yang tidak terpakai, hingga papan potong.

7. Buat Robekan Awal 
Cara merobek jins berikutnya adalah dengan membuat air mata awal. Anda bisa menggunakan pisau, pemotong, atau gunting pada langkah ini. Jika menggunakan gunting, Anda bisa memencet celana jeans atau tilt jeans terlebih dahulu agar lebih mudah dipotong.

8. Buat Serat Jeans 
Setelah dipotong, saatnya Anda mengeluarkan serat jeans di daerah tersebut. Jika Anda ingin membuat lubang di jeans yang telah ditentukan, gunakan gunting, pisau, pemotong, atau pinset untuk menarik serat keluar. Tarik benang biru sampai meninggalkan benang putih yang diregangkan itu saja. Anda juga bisa menarik serat jins dengan jari Anda. Sebenarnya cara ini jauh lebih baik daripada menggunakan alat ini, karena hasilnya jadi terlihat lebih alami.

9. Lubangi Lagi Celana Jeans 
Jika Anda merasakan lubang atau robekan di jeans Anda masih belum lebar, Anda bisa melebarkannya lagi dengan menggunakan gunting. Tapi, di sini Anda perlu berhati-hati untuk merobeknya jadi tidak terlalu luas. Setelah dipotong, campurkan serat jeans dengan jari-jari lagi.

10. Jahit Pinggiran Robekan 
Cara merobek celana jeans terakhir adalah menjahit tepi area yang sudah Anda robek. Ini bertujuan untuk menjaga agar air mata tetap ada (tidak melebar ke mana-mana). Anda bisa melakukannya dengan mesin jahit atau dengan tangan.

Itulah 10 cara merobek celana jeans agar jadi keren ala Blog vani. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah, jangan pernah mencoba merobek jeans ketika jeans-nya sedang kamu pakai, karena bisa melukai kulit kamu. Berhati-hati juga ketika kamu menggunakan benda tajam. Selamat mencoba! Terima kasih