14 Cara Memperbaiki Rambut Rusak agar kembali Sehat

14 Cara Memperbaiki Rambut Rusak agar kembali Sehat
14 Cara Memperbaiki Rambut Rusak agar kembali Sehat
Cara Memperbaiki Rambut Rusak agar kembali Sehat. Rambut Anda kering, retak, jatuh, lemas, berminyak, meluas, berketombe, kutu, susah diatur, dan masalah menjengkelkan lainnya? Itu pertanda rambutmu yang "sakit" alias rusak. Kebetulan, sekarang Bacaterus akan membahas bagaimana cara memperbaiki rambut yang rusak. Penyebab rambut yang rusak bisa bermacam-macam. Mulai dari shampoo, makanan dan minuman yang tidak sesuai, faktor lingkungan, hingga styling. 

Ciri rambut yang rusak adalah rambut yang terasa kering, rapuh, sampai terjatuh. Sebelum rambut Anda rusak parah dan sulit diperbaiki, tolong, jagalah sekarang. Begini caranya:

10 Cara Memperbaiki Rambut Rusak 

1. Keramas
14 Cara Memperbaiki Rambut Rusak agar kembali Sehat

Shampooing adalah aktivitas sehari-hari. Tapi, ternyata sampo adalah kunci bagaimana memperbaiki rambut yang rusak. Gunakan sampo yang memiliki kandungan pH seimbang. Lalu, pilih juga shampoo yang mengandung banyak vitamin seperti vitamin E, B3 dan B5 yang sangat baik untuk rambut. Namun, perlu dicatat bahwa Anda tidak disarankan untuk mencucinya setiap hari. Maksimum setiap dua hari sampo agar rambut tidak kehilangan kelembaban alami. Jangan juga jarang sampo, karena rambutnya mudah kotor, dan bila rambut kotor lebih rentan terkena kerusakan. Jadi, malas keramas, paling lama tiga hari setelah Anda masih harus melakukannya.

2. Conditioner
Setelah keramas, pastikan Anda menggunakan kondisioner juga. Kondisioner akan membuat rambut lebih lembut. Tak hanya itu, kondisioner juga bisa merawat rambut dari akar, sehingga sangat cocok untuk rambut yang bermasalah. Jika rambut Anda rusak parah, gunakan conditioner dengan label pengkondisian yang dalam.

3. Creambath
Sebulan sekali rambut Anda perlu dimanjakan dengan perawatan creambath. Krim ini berguna untuk mengembalikan rambut yang rusak. Anda bisa pergi ke salon atau melakukannya sendiri di rumah. Untuk mengetahui cara membuat creambath cream sendiri di rumah

4. Hair Mask / Spa Rambut
spa dan masker rambut adalah tingkat atas creambath. Biasanya, jika salon, harga kedua perawatan ini agak lebih mahal dari krim mandi. Karena itu adalah hair spa cream dan hair mask yang bisa lebih menutrisi rambut Anda, jadi masuk akal jika harganya lebih tinggi.

5. Vitamin Rambut
Menggunakan vitamin rambut adalah wajib dalam memperbaiki rambut yang rusak. Khusus untuk rambut yang rusak dengan cara menghaluskan dan karena rebonding. Agar sehat kembali, rambut Anda membutuhkan vitamin yang mungkin kurang dari maksimal yang didapat dari sampo saja. Vitamin rambut sendiri bervariasi dalam bentuk. Ada semprotan, minyak, sampai vitaminnya diminum. Anda bisa membeli berbagai jenis vitamin rambut online di Lazada dan di Blibli.

6. Tonik rambut
Selain vitamin, rambut juga membutuhkan produk yang disebut hair tonic. Jika rambut Anda yang rusak menyebabkan rambut rontok dan kebotakan, hair tonic adalah benda yang harus Anda gunakan. Tonik rambut bekerja sangat baik untuk mengurangi rambut rontok. Tonik rambut juga akan merangsang pertumbuhan rambut baru agar lebih cepat.

7. Potong rambut
14 Cara Memperbaiki Rambut Rusak agar kembali Sehat

Mungkin tidak pernah dibayangkan sebelumnya, tapi bagaimana cara memperbaiki rambut yang rusak adalah dengan memotong rambut. Jika Anda merasa sayang, potong saja sekitar 1-2 cm ujung rambut. Karena tujuan utama pemotongan rambut adalah menjaga agar rambut tetap buntu dan terbuang sia-sia. Dengan begitu, ujung rambut yang rusak tidak akan menumpahkan kerusakan seluruh rambut ke akar.

8. Makanan Bergizi
Cara memperbaiki rambut yang rusak selanjutnya adalah dengan menyantap makanan sehat. Sebab, rambut juga membutuhkan perawatan dari dalam, tidak hanya dari luar saja. Makanan yang baik untuk rambut adalah kandungan Omega 3 dan 6 dan asam lemak esensial seperti salmon, tuna, kenari, sayuran hijau tua, dan kacang-kacangan.

9. Air Putih
Air sangat penting. Selain seluruh tubuh, air juga dibutuhkan rambut. Apalagi jika rambut Anda rusak parah, minum air sebanyak mungkin. Karena rambut mengandung protein, lipid, dan air. Jadi, jika tubuh Anda kekurangan air, maka rambut akan menjadi rapuh.

10. Hindari Alkohol 
Cara memperbaiki rambut yang rusak terakhir adalah dengan mengurangi konsumsi alkohol. Jika Anda suka minum alkohol, lebih baik hindari dulu jika rambutnya rusak.

Tips Agar Rambut Tidak Rusak 

1. Tidak Asal-asalan ketika Keramas
Bisakah Anda menjadi salah satu orang yang paling Tidak Asal-asalan ketika Keramas? Yang penting adalah rambut basah dan busa dan kemudian membilas rambut begitu saja? Sebenarnya ada prosedur sampo yang benar. Pertama, basahi rambut sampai benar-benar basah. Kedua, tuangkan sampo ke tangan, lalu beri air dan gosok ke busa. Ketiga, sampo baru dioleskan ke rambut. Saat keramas, jangan menggosok rambut Anda secara kasar, tapi pijatan dengan lembut. Pijat ini berguna untuk sirkulasi darah, mengurangi stres, dan mempercepat metabolisme rambut. Lakukan pijatan dari mahkota ke leher. Jika ada yang merasa gatal, jangan menggaruk kuku, tapi menggunakan ujung jari. Jangan lupa bilas sampo yang bersih.

2. Keringkan Rambut dengan Benar
Rambut kering juga tidak bisa sembarangan jika Anda ingin menjaga rambut tetap sehat. Anda harus berhati-hati saat mengeringkan rambut terutama jika rambutnya masih benar-benar basah. Mengapa? Sebab, rambut basah lebih rapuh, mudah renggang, dan mudah pecah. Cara mengeringkan rambut dengan benar adalah dengan menggunakan handuk yang bisa merembes dengan baik. Alih-alih menggosok rambut, tepuk rambut dengan handuk. Kemudian, alih-alih menggunakan pengering rambut, akan lebih baik jika rambut mengering dengan sendirinya.

3. Sisir yang Benar
14 Cara Memperbaiki Rambut Rusak agar kembali Sehat

Penggunaan sisir juga mempengaruhi kesehatan dan kecantikan rambut. Sisir berguna untuk meluruskan rambut. Tapi, jika salah satu cara menggunakan atau salah jenis sisir yang digunakan, rambut Anda bisa rusak dan bahkan rontok. Sisir yang bagus tidak terbuat dari plastik atau nilon, karena kedua bahan tersebut bisa membuat rambut rontok. Sisir yang baik juga memiliki semacam tonjolan agar tidak menusuk atau melukai kulit kepala pemakainya. Jangan lupa bersihkan sisir secara teratur agar rambut rontok, debu, dan kotoran pada sisir bisa diangkat, karena kalau tidak, maka kotorannya bisa ditransfer lagi ke kepala Anda.

Demikian sepuluh cara memperbaiki rambut rusak dan beberapa tips pencegahannya versi Bacaterus. Semoga informasi ini dapat membantu Anda mengatasi rambut rusak Anda. Apakah Anda tahu cara memperbaiki rambut rusak lainnya? Share di kolom komentar, ya. terima kasih