15 Cara Mengobati Kapalan di Telapak Tangan dan Kaki Dengan Cepat

15 Cara Mengobati Kapalan di Telapak Tangan dan Kaki Dengan Cepat
15 Cara Mengobati Kapalan di Telapak Tangan dan Kaki Dengan Cepat
Cara menghilangkan Atau Mengobati Kapalan di Telapak Tangan dan Kaki Dengan Cepat-Kapalan adalah kulit yang berubah lebih tebal atau lebih keras. Biasanya kapalan terjadi karena penekanan atau gesekan yang berlebihan pada area kulit tertentu, namun yang paling sering adalah telapak kaki, kaki, tumit, dan luas tangan. Kapalan adalah reaksi alami tubuh yang berfungsi melindungi kulit sensitif. Jika masih baru terbentuk, tentu kalus bukanlah halangan. Tapi, jika kalus parah bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada rasa sakit saat berjalan atau menggerakkan tangan. Kapasitas tampilan juga cukup mengganggu, Anda mungkin kurang menggunakan sandal atau sepatu menepis tangan Anda karena kapalan.

Kapalan sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya jika tekanan atau gesekan pada daerah berkurang. Namun, jika bagian yang masih terkena gesekan dan tekanan tentu bisa membuat kalus semakin memburuk. Tapi, tidak perlu kesal lagi karena kapalan. Mengapa? Karena, Blog vani telah mengumpulkan cara merawat kapalan di telapak tangan dan kaki dengan 15 cara yang berbeda.

15 Cara Mengobati Kapalan dengan Mudah 

1. Batu Apung
15 Cara Mengobati Kapalan di Telapak Tangan dan Kaki

Cara merawat kapalan di telapak tangan dan kaki terlebih dahulu adalah dengan menggunakan batu apung. Jika Anda pernah melakukan perawatan pedikur di salon mungkin sudah familiar dengan batu apung, karena biasanya kaki akan digosok terlebih dahulu dengan menggunakan batu sebelum perawatan dimulai. Namun, Anda tidak harus selalu pergi ke salon untuk mendapatkan perawatan ini, karena Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Caranya adalah dengan merendam kaki atau tangan yang memiliki kapak di air hangat selama 10 menit atau sampai air hangat masuk hilang. Anda bisa menambahkan minyak esensial, cuka apel, atau jus lemon ke air untuk khasiat yang lebih baik. Setelah itu, gosok kulit dengan kalus menggunakan batu apung. 

Gosok dengan lembut, ya, jangan keras! Setelah kapalan terkikis, basuh batu apung dan kulit Anda menggunakan air mengalir. Keringkan tangan atau kaki Anda menggunakan handuk serat lembut, lalu gunakan body lotion untuk menjaga kulit Anda tetap terjaga dengan baik. 

2. Minyak Jarak
Untuk cara merawat kapalan di telapak tangan dan kaki ke 2, blog vani merekomendasikan minyak jarak atau Castor oil. Minyak nabati ini bisa bekerja sangat baik untuk melembutkan kulit kering dan kasar. Dengan demikian, kulit kapalan bisa diperbaiki dengan minyak jarak ini. Anda bisa mengoleskan minyak jarak ke kulit yang kapalan dan kemudian dibungkus dengan kaus kaki atau sarung tangan. Biarkan saat tidur, dan bilas keesokan harinya.

3. Cengkeh
15 Cara Mengobati Kapalan di Telapak Tangan dan Kaki

Cengkeh sering dijadikan makanan, minuman, dan aneka kue. Tapi, ternyata cengkeh juga bisa membantu menghilangkan kapalan di kulit. Campuran air lemon dan cengkeh bisa menipiskan kulit yang kapalan. Oleskan campuran kedua bahan ini ke kapalan, lalu biarkan kering dengan sendirinya.

4. Kulit Nanas
Kulit nanas harus dibuang, karena kita hanya membutuhkan daging saja untuk dikonsumsi atau untuk dijadikan topeng kecantikan. Padahal, kulit nanas punya fungsi juga, loh. Itu untuk mengangkat kapalan dari kulit. Caranya jangan sampai menggosok kulit nanas tajam ke kulit, iya. Tapi, rendam kaki atau tangan Anda di air hangat selama 10-15 menit. Setelah itu, pasang bagian dalam kulit nanas (yang masih memiliki daging) ke daerah kulit kalus. Anda bisa menempelkannya menggunakan kain, plester, atau kaus kaki. Anda bisa membawanya ke tempat tidur, lalu lepaskan kulit nanas saat Anda bangun di pagi hari.

5. Baking Soda
Cara merawat kapalan di telapak tangan dan kaki Anda ke-4 adalah dengan menggunakan baking soda. Perawatan di rumah seperti ini tentunya sangat menyenangkan. Selain hemat biaya, Anda bisa melakukannya sambil bersantai di akhir pekan. Cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan kalus cukup banyak. Anda bisa menuangkan baking soda ke air perendaman kaki, dijadikan pasta semprot, atau langsung oleskan baking soda powder ke area kulit kalus.

6. Kopi
Kopi adalah minuman yang paling populer dan memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Selain dikonsumsi, kopi juga kerap ada dalam perawatan kulit untuk tujuan kecantikan. Biasanya kopi digunakan untuk mempercantik rambut dan kulit. Nah, omong-omong tentang kulit, bisakah kopi digunakan untuk menghilangkan kapalan? Jawabannya bisa. Kopi (terutama kasar) adalah scrub alami yang sangat bagus. Anda bisa membuat bubuk kopi sebagai scrub untuk mengikis kulit yang menebal oleh kapalan. Caranya, campurkan 1 sendok makan minyak zaitun dengan bubuk kopi. Gosok daerah kulit kalus dengan scrub.

7. Roti
Cara merawat kapalan di telapak tangan dan kaki Anda yang satu ini mungkin terlihat menjijikkan dan eksentrik, karena Anda akan menggunakan roti langsung di kaki atau tangan Anda. Meski kedengarannya cukup aneh, ternyata roti bisa mengangkat kapalan, apalagi yang sudah terkelupas. Jika Anda merasa jijik atau "tersayang" jika roti yang terbuang terlalu banyak, Anda bisa memetik atau memotong roti sesuai dengan ukuran kapalan Anda. 

Anda bisa mengolah roti terlebih dahulu dengan mencampur roti + cuka suling (cuka putih biasa digunakan untuk makanan) menjadi adonan lembek. Atau, Anda bisa merendam roti dalam larutan cuka, lalu segera pasang ke area kapalan. Apapun metode yang Anda pilih, jangan lupa untuk membungkus roti dengan kanvas, plastik, atau kain agar tidak bocor dari kulit. Waktu terbaik untuk melakukan kapalan dengan roti adalah pada malam hari. Bawa ke tempat tidur, lalu ambil roti saat Anda bangun di pagi hari.

8.Tepung Maizena 
Tepung Maizena biasanya digunakan untuk membuat aneka makanan ringan, biskuit, dan digunakan untuk memasak. Namun, Tepung Maizena juga bermanfaat untuk kecantikan kulit, seperti pengganti bubuk pengganti, digunakan sebagai masker, dan tentunya bisa digunakan untuk mengangkat kapalan. Perlu dicatat bahwa tepung maizena tidak bisa digunakan untuk menghilangkan kapalan secara menyeluruh. Jadi, pekerjaan tepung maizena meninggalkan kulit yang terlindungi dari infeksi kering, retak, dan jamur. Seperti kita ketahui jika kapalan bisa memicu hal tersebut. Untuk itu, taburi tepung maizena di daerah kalus agar infeksi tidak bertambah parah dan memberikan sensasi nyaman pada kulit Anda. 

9. Bawang putih 
Cara merawat kapalan di telapak tangan dan kaki ke 9 adalah dengan menggunakan bawang putih. Kandungan antiinflamasi dan anti-mikroba bawang putih sangat efektif untuk menyembuhkan kulit pucat. Ada 3 cara untuk menggunakannya: Cara pertama: Anda bisa mengiris bawang putih dengan tebal, lalu beri setetes lemon atau jeruk nipis. Kemudian, tempelkan irisan bawang pada kalus, setelah itu Anda bisa diam saat tidur. Cara kedua: Siapkan beberapa siung bawang putih (sesuaikan jumlah kapalan yang ada di kulit Anda). Lalu, siapkan juga cuka putih. Pound bawang merah sampai halus, lalu turun sedikit cuka. Setelah itu, keringkan adonan dan cuka bawang di bawah sinar matahari sampai kering. Gunakan adonan kering dari bawang merah dan cuka di daerah kapalan, bawa ke tempat tidur. Cara ketiga: potong bawang menjadi dua, lalu rendam dalam cuka putih selama ± 3 jam. Gosok bawang yang telah direndam di daerah kalus, lalu bungkus kaki atau tangan dengan plastik. Tinggalkan semalam Dari tiga cara di atas, lakukanlah cara yang paling Anda sukai. 

10. Teh Chamomile 
Teh Chamomile adalah salah satu metode penyusutan, wewangian, dan relaksasi tubuh yang paling halus. Selain dikonsumsi, teh chamomile yang terkenal juga untuk mengatasi masalah kulit seperti eksim, ruam popok, dan tentu saja kapalan. Cara merawat kapalan di telapak tangan dan kaki sangat menyenangkan. Anda bisa mengonsumsi teh ini seperti biasa. Anda juga bisa memampatkan kalengan dengan handuk atau kain yang telah direndam dengan teh chamomile. Jika ada noda teh yang tertinggal di kulit Anda, cukup cuci dengan sabun, selesaikan.

11. Aspirin
Aspirin adalah obat untuk mengurangi demam, darah tipis, meredakan nyeri ringan, obat dingin, sampai obat pembengkakan. Tapi, ada keuntungan lain dari aspirin, yang bisa mengikis kapalan! Cara menggunakannya adalah dengan memberikan 5 tablet aspirin, lalu haluskan dengan cara berdebar. Tuangkan 1 sdt air lemon dan 1 sdt air pada bubuk aspirin yang sudah halus, aduk rata. Setelah itu, aduk pasta aspirin pada area kulit yang menebal, bungkus dengan kain atau handuk yang telah direndam dalam air hangat. Tutupi kain dengan plastik agar air tidak menyaring di mana saja. Diamkan selama 10 menit. Jika sudah, angkat plastik dan kain dari kulit Anda. Lihat apakah kapalanmu mulai mengelupas? Sekarang, Anda benar-benar menyelesaikan kapalan dengan membuangnya dengan batu apung. Ini aman, tapi yang terbaik adalah jika Anda penderita diabetes atau alergi terhadap aspirin jangan mencobanya.

12. Cuka Apel
Cuka sari apel atau cuka apel adalah salah satu cara merawat kapalan di telapak tangan dan kaki dengan menggunakan bahan alami. Cuka apel bisa membantu mempercepat proses penyembuhan setelah kalus diangkat. Cuka apel juga akan melembutkan kulit kasar. Cara menggunakannya adalah dengan merendam bola kapas atau kapas cantik di cuka apel. Lampirkan kapas ke daerah kalus, bawa ke tempat tidur. Angkat kapas keesokan harinya. Mungkin Anda akan melihat sel kulit mati dan kapalan siap disingkirkan. Anda bisa mengikisnya dengan batu apung.

13. Obat-obatan
Jika cara merawat kapalan di telapak tangan dan kaki dengan menggunakan bahan alami di atas tidak berpengaruh pada kapalan Anda. Mungkin sudah saatnya Anda mencoba menggunakan obat penghilang rasa sakit. Biasanya obat ini dalam bentuk minyak serum. Anda bisa mendapatkan obat seperti ini di apotek. Tapi, agar obat yang Anda gunakan lebih tepat konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit.

14.Massage
Massage alias Pijat adalah cara yang sangat tepat untuk menghilangkan kapalan dan mencegah kalus kembali. Anda bisa memijat kaki dan tangan Anda sendiri atau mungkin meminta spesialis di salon dan spa. Pijat harus dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun, minyak bayi, lotion, atau apapun yang licin untuk proses pijat yang tidak terasa peureus alias rasa sakit.

15. Potong
Memotong kapalan mungkin menyenangkan tapi bisa juga menyebalkan, tergantung semua orang. Jika penulis pribadi Anda suka menguliti area kulit yang menebal, Anda mungkin merasa jijik atau tidak nyaman melakukannya. Jika demikian, Anda bisa datang ke salon kecantikan untuk membuang kapalan. Namun, jika kapalan Anda sama parahnya dengan rasa sakit, merah, cairan, sampai kena kapalan, jangan pergi ke salon. Tapi, pergilah ke dokter kulit, karena tidak semua orang bisa menyingkirkan kapalan dengan teknik yang tepat. Belum lagi alat yang digunakan belum tentu steril. Jadi, untuk mencari yang aman, pergilah ke dokter kulit.

Ya, itu dia 15 Cara Mengobati Kapalan. Untuk pencegahannya, selalu gunakan body lotion dan krim tangan agar kulit Anda tidak mudah terserang kapalan. Selain cara di atas, tahukah Anda cara lain yang belum kita tulis?. silah berkomentar. terima kasih semoga bermanfaat