6 Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap Jaket Kulit yang Mengganggu

6 Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap Jaket Kulit yang Mengganggu
6 Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap Jaket Kulit yang Mengganggu
Jaket kulit biasanya terbuat dari kulit sapi, domba, hingga kulit sintetis. Jaket kulit biasanya menjadi barang yang harus dimiliki setiap orang. Banyak orang yang ingin memiliki jaket kulit yang bagus untuk fashion atau untuk keuntungan. Jaket kulit bisa menahan angin agar tidak menembus kulit kita, sehingga jaket kulit sering dipakai oleh pengendara sepeda. Lalu, dari segi fashion, jaket kulit selalu memiliki nilai lebih. Anda hanya bisa menggunakan celana jins pudar dan hanya tank top, lalu menambahkan jaket kulit ke gaya Anda, maka Anda akan langsung terlihat super gaya. Poin penting lainnya, jaket kulit ini sangat tahan lama. Bahkan jaket kulit kakekmu atau orangtuamu masih akan baik sampai sekarang, bukan?

Namun, setiap objek pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Kurangnya jaket kulit paling menonjol adalah baunya. Kulit memiliki aroma khas yang mungkin sulit diterima beberapa orang. Jaket kulit yang masih segar alias baru dibuat biasanya berbau khas karena sudah melalui proses penyamakan. Kulitnya juga memiliki pori-pori, sehingga baunya tajam seperti bau makanan, parfum, asap kendaraan, keringat, sampai jamur bisa menempel dan sulit dikalahkan. Belum lagi jika Anda salah dalam penyimpanan, jaket kulit Anda bisa berjamur dan menciptakan aroma yang tidak enak.

Tapi sekarang Anda bisa menyingkirkan bau buruk dari jaket Anda. Sebab, Blog vani telah meringkas cara menghilangkan bau jaket kulit.

6 Cara Menghilangkan Bau Jaket Kulit 

1. Segera Keringkan Jaket Jika Basah
6 Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap Jaket Kulit yang Mengganggu

Yang perlu Anda perhatikan bagaimana cara menghilangkan bau jaket kulit adalah dengan selalu menyimpannya di tempat yang kering. Jaket kulit rentan terhadap udara lembab dan basah. Jika dibiarkan, jaket favorit Anda bahkan bisa menjadi bau berjamur dan apak. Kemudian, jika jaket kulit Anda terkena hujan atau air lainnya, sebaiknya segera keringkan segera. Apalagi jika air di jaket Anda adalah minuman berwarna atau sup. Selain meninggalkan baunya, khawatir warna jaket kulit Anda akan berubah. Cara mengeringkan jaket basah adalah menggunakan kain kering yang bersih. Lalu, Anda bisa menggantungkan jaket di rumah yang tidak terkena sinar matahari langsung. Bisa digantung di dekat jendela, atau di bawah lubang cahaya. Jika Anda langsung mengeringkan jaket kulit di bawah sinar matahari, nanti jaket Anda akan cepat retak, aus, dan rompal. Jika terburu-buru, Anda bisa menggunakan pengering rambut dengan pengaturan panas terendah. Lalu, jangan menaruh rambut pengering rambut terlalu dekat dengan permukaan jaket kulit. Sebab, sama seperti matahari, hair dryer juga bisa membuat jaket kulit retak hingga robek jika dipakai terlalu dekat.

2. Gunakan Pembersih Khusus
6 Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap Jaket Kulit yang Mengganggu

Cara menghilangkan bau jaket kulit berikutnya adalah membersihkannya dengan menggunakan pembersih khusus. Anda bisa menemukan produk seperti ini di toko barang kulit, toko sepatu, toko jaket kulit, toko online, hingga toko peralatan rumah tangga. Bentuk pembersih jaket kulit ini bermacam-macam, tapi biasanya dalam bentuk cairan, krim, dan gel. Untuk menggunakannya, Anda perlu lap kering bersih untuk menyeka jaket. Produk pembersih jaket kulit ini akan menjemput bau, mempertahankan warna aslinya, melindunginya dari kerusakan, dan membuat warna lebih berkilau.

3. Bersihkan dengan larutan cuka
Tak hanya bermanfaat untuk membuat makanan terasa segar, cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan jaket kulit, tablet. Kandungan asam dalam cuka bisa menetralisir bau. Tapi, Anda tidak bisa menggunakan cuka, ya. Cuka yang bisa digunakan untuk membersihkan adalah cuka putih (cuka putih) dan cuka sari apel (cuka apel). Kemudian, Anda harus melarutkan cuka dengan air terlebih dahulu dengan perbandingan 1: 1. Kemudian, ambil sedikit larutan, dan coba di bagian dalam jaket Anda. Ini untuk mengantisipasi jika solusinya tidak sesuai dengan jaket kulit Anda. Jika tidak ada perubahan warna atau retak pada kulit, Anda bisa melanjutkan proses pembersihan dengan larutan cuka ini. Anda bisa memasukkan larutan ini ke dalam botol semprot atau dalam mangkuk. Jika bau jaket kulit benar-benar kuat, usahakan membasahi seluruh permukaan jaket kulit dengan larutan cuka. Kemudian, diamkan selama 5 - 10 menit sebelum Anda putaran.

4. Bersihkan dengan Soda Kue
Cara menghilangkan bau jaket kulit berikutnya adalah dengan memanfaatkan baking soda. Caranya adalah dengan membubarkan baking soda dengan air. Atau Anda bisa memasukkan baking soda langsung ke jaket kulit. Kue soda mengandung bahan yang bisa menyerap bau. Dan, tentu saja, baking soda aman untuk kulit. 5. Berikan Pelembab Tidak hanya kulit manusia yang membutuhkan pelembab, jaket kulit Anda juga perlu. Jadi, cara menghilangkan bau jaket kulit adalah memberi pelembab setiap kali dibersihkan. Melembabkan kulit bisa membantu menghilangkan bau, menjaga warna, dan membuat jaket kulit Anda lebih glossy. Anda bisa menggunakan minyak biji rami (flax seed oil), semir sepatu / tas / jaket kulit, sampai dengan merek kulit profesional.

5. Berikan Pelembab
Tidak hanya kulit manusia yang membutuhkan pelembab, jaket kulit Anda juga perlu. Jadi, cara menghilangkan bau jaket kulit adalah memberi pelembab setiap kali dibersihkan. Melembabkan kulit bisa membantu menghilangkan bau, menjaga warna, dan membuat jaket kulit Anda lebih glossy. Anda bisa menggunakan minyak biji rami (flax seed oil), semir sepatu / tas / jaket kulit, sampai dengan merek kulit profesional.

6. Bersihkan ke ahli Profesional
6 Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap Jaket Kulit yang Mengganggu

Cara menghilangkan bau jaket kulit terakhir adalah membawa jaket Anda ke para ahli. Jaket kulit "dokter" khusus pasti tahu langkah terbaik untuk menghilangkan aroma yang tidak menyenangkan dari jaket Anda. Jika kelima langkah di atas belum bisa menghilangkan baunya, mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk membawa jaket Anda secara profesional.

Nah, itu dia enam cara menghilangkan bau jaket kulit agar nyaman dipakai versi Blog vani. Cara-cara ini dapat digunakan untuk jaket kulit sapi, jaket kulit domba, atau pun jaket kulit sintetis.

Untuk ke depannya, selalu simpan jaket kulit Anda di tempat yang kering. Jika disimpan di dalam lemari, sebaiknya simpan pengering atau silica gel di dalam lemari Anda agar tidak lembab. Selain keenam cara di atas, apakah Anda tahu cara lain untuk menghilangkan bau dari jaket kulit?