7 Cara Memperbaiki Resleting yang Rusak dengan Mudah

Cara Membetulkan Resleting yang Rusak dengan Mudah- Apakah tas, jaket, atau jins yang memiliki ritsleting pasti sudah pernah rusak, apakah itu ritsleting yang longgar, tidak tertutup, atau tidak bisa digabungkan. Memang, berbagai jenis kerusakan ritsleting ini bisa diperbaiki. Jangan langsung tergesa-gesa melempar benda dengan ritsleting yang pecah karena pada dasarnya Anda bisa memperbaiki ritsleting itu sendiri.

Blog vani akan memberikan panduan bagaimana cara memperbaiki ritsleting dengan berbagai jenis kerusakan. Panduan ini bisa anda lakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Tidak disayangkan kalau kita membuang tas atau baju yang masih bagus hanya karena ritsleting rusak?
7 Cara Membetulkan Resleting yang Rusak dengan Mudah


Cara Memperbaiki Resleting Macet atau Susah Dibuka dan Ditutup

Bila ingin menutup jaket, tiba-tiba ritsleting ditutup. Ini sudah berusaha menarik ritsletingnya kencang, tapi relesting tidak pergi. Ini pertanda ritsleting Anda mengalami kemacetan. Tidak perlu mengganti ritsleting dan gigi dengan yang baru, cukup ikuti cara memperbaiki ritsleting zip berikut ini:


  • Ambil sebuah lilin batangan, lalu gosokkan lilin tersebut ke gigi resleting. Lakukan berulang kali karena kemacetan pada gigi resleting disebabkan karena kekeringan. Jadi, lilin bisa menjadi pelumas yang bagus untuk membuat resleting dapat dipakai kembali. 
  • Selain lilin, Anda juga bisa menggunakan pensil untuk mengatasi resleting yang macet. Gerakkan pensil dari atas ke bawah di gigi resleting. Pensil juga bisa menjadi pelumas untuk melancarkan resleting.


Cara Memperbaiki Resleting Terpisah dan Tidak Bisa Ditutup

Masalah ritsleting yang tidak ingin konvergen itu biasa terjadi. Biasanya tas ritsleting dan jaket seringkali dibatasi oleh masalah ini. Untuk mengatasi ritsleting yang tidak tertutup pada tas sebaiknya kurangi isi tas ke ritsleting yang bisa ditutup. Cobalah beberapa perbaikan ritsleting yang tidak tergoyahkan untuk memperbaiki tas ritsleting, jaket, dompet, atau benda lainnya:


  • Gigi resleting kotor 

Resleting yang terpisah bisa disebabkan oleh gigi resleting yang sudah kotor. Bersihkan gigi resleting dengan membuat larutan air dan sabun cuci piring sampai berbusa. Kemudian, ambil lap bersih, lalu celupkan lap di larutan sabun cuci piring itu, dan gosok ke pada gigi resleting. Bilas air sabun pada gigi resleting menggunakan kain lap bersih yang sudah dibasahi dengan air. 

  • Gigi resleting bengkok

Tahukah Anda bahwa resleting yang tidak dapat terkatup juga bisa disebabkan oleh gigi resleting yang bengkok. Luruskan gigi resleting yang bengkok dengan tang yang ujungnya runcing. Tarik gigi resleting yang bengkok hingga keluar dari pita resleting. Sesudah itu, coba membuka-tutup resleting untuk mengetes hasil perbaikan Anda.

Cara Memperbaiki Gigi Resleting Bagian Bawah Hilang

Untuk memasang ritsleting bawah yang hilang diperlukan mesin jahit dan sedikit usaha untuk memasang retarder baru untuk ritsleting Anda. Jika Anda tidak memiliki keterampilan menjahit, Anda harus meminta penjahit bantuan. Jika Anda ingin memperbaiki ritsleting gigi bagian bawah yang hilang, ikuti langkah-langkah ini:

  • Tarik resleting sampai ke bagian bawah (gigi resleting terbuka). Tarik perlahan agar resleting terlepas pada sisi sebelah kiri. 
  • Kemudian, lepaskan pengunci resleting yang bentuknya seperti terowongan persegi (gunakan alat pembongkar jahitan atau seam ripper). 
  • Lanjutkan dengan menarik resleting ke atas dan memasang pengunci resleting di ujung gigi bagian bawah. Selanjutnya, jahit bekas gigi resleting yang rusak agar tidak mudah robek.


Memperbaiki Penahan Resleting Bagian Atas Rusak

Selain ritsleting bawah yang mudah rusak, ternyata kerusakan juga bisa terjadi pada bagian atas ritsleting. Segera perbaiki kerusakan pada pemegang ritsleting agar ritsleting tidak melorot dan tahan. Berikut adalah cara memperbaiki ritsleting yang dimiliki oleh pembalap paling atas:

  • Tarik resleting ke atas, lalu balik celana agar bagian dalam resleting berada di luar. Carilah jahitan yang mengencangkan penahan resleting bagian atas, bongkar jahitannya dan tarik dengan tang untuk melepaskan penahan resleting di bagian atas. 
  • Saat bagian dalam resleting berada di luar, masukkan gigi bagian kiri ke dalam sisi kiri kepala resleting, lakukan hal yang sama pada sisi bagian kanan. Pegang bagian bawah resleting dengan satu tangan, sedangkan tangan satunya menggerakkan kepala resleting ke bagian tengah. 
  • Selanjutnya, balik celana Anda sehingga bagian luar resleting berada di luar. Pasang penahan resleting bagian atas secara langsung di gigi atas pada sisi kiri resleting. Tekanan penahan tersebut dengan tang dan kencangkan dengan menekan tang sebanyak 4-5 kali. Ulangi langkah ini untuk memasang penahan resleting di sisi kanan. 
  • ahit kembali lapisan kain belahan resleting dengan menggunakan mesin jahit. Jika tidak punya mesin jahit, Anda bisa merapikan jahitan dengan jarum dan benang saja.


Cara Memperbaiki Resleting yang Sering Turun 

Kejadian ini sering dialami pengguna celana yang memiliki ritsleting di bagian depan. Tiba-tiba ritsleting turun dan membuka diri. Hal ini tentunya bisa membuat kita malu dan segera tutup back zipper belakang. Lantas, bagaimana kalau nanti kembali membuka ritsleting? Tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengakali ritsleting yang sering terbuka dengan cara berikut:


  • Gunakan pengait gantungan kunci yang berbentuk lingkaran. Anda bisa membeli pengait gantungan kunci ini di toko alat-alat menjahit atau menggunakan gantungan kunci bekas. 
  • Kaitkan gantungan kunci ini di mata kepala resleting (slider) lalu kancingkan pengait gantungan kunci ini di kancing celana. Dijamin, resleting Anda tidak akan terbuka lagi terus menerus.

Perlu Anda ketahui, cara ini bisa membuat kancing celana mudah terlepas. Solusi lain untuk mengatasi resleting yang sering turun adalah mengganti resleting yang sudah aus dengan resleting yang baru.

Cara Memperbaiki Memperbaiki Resleting yang Rusak

Seperti kita ketahui, kerusakan ritsleting ada bermacam macam. Padahal, cara memperbaiki kerusakan juga berbeda. Jika ritsleting benar-benar rusak dan tidak bisa diperbaiki dengan cara di atas, saatnya mengganti ritsleting baru atau bahkan barang baru. Beberapa tips saat memperbaiki ritsleting yang rusak berikut ini bisa Anda lihat sebelum memulai perbaikan ritsleting:

  • Bedakan kerusakan resleting yang Anda alami. Jika resleting hanya macet (tidak bisa dibuka atau ditutup dengan mudah), Anda hanya perlu mengolesi gigi resleting dengan lilin, menggosok dengan pensil, atau menggunakan grafit. 
  • Hindari penggunaan grafit pada resleting berwarna putih atau terang karena dapat memperburuk tampilan resleting. 
  • Bawalah ke penjahit pakaian jika Anda tidak bisa memperbaiki resleting sendiri. Pada dasarnya, memperbaiki resleting yang rusak memang bisa dilakukan sendiri, tetapi butuh kesabaran dan ketrampilan menjahit untuk membenahi resleting yang rusak.


Demikian  serba-serbi cara membetulkan resleting dengan berbagai jenis kerusakan. Semoga panduan ini bisa membantu Anda memperbaiki resleting yang rusak. Selain memakai lilin atau grafit ternyata resleting yang macet juga bisa diperbaiki dengan sabun batang, Semoga bermanfaat terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel