7 Cara Menghilangkan Bau Telinga yang Kurang Sedap Atau Bau Busuk

7 Cara Menghilangkan Bau Telinga yang Kurang Sedap Atau Bau Busuk
7 Cara Menghilangkan Bau Telinga yang Kurang Sedap Atau Bau Busuk
7 Cara Menghilangkan Bau Telinga yang Kurang Sedap Secara Alami- Telinga bau adalah masalah yang bisa dialami seseorang, baik itu wanita atau pria, muda dan tua. Namun, masalah ini lebih sering terjadi pada anak-anak dan balita. Pada anak-anak, sistem kekebalan tubuh mereka belum terlalu kuat, sehingga mereka lebih sering terkena masalah bau telinga. Salah satu penyebab bau telinga adalah flu (pilek). Saat pilek, bakteri dan virus terjebak di tengah telinga. Hal ini akan menyebabkan gendang telinga menjadi merah dan bengkak. Itulah yang menyebabkan telinga menjadi bau.

Infeksi telinga lainnya ditandai dengan demam, mual, gangguan pendengaran, telinga berair, insomnia, tidak ada nafsu makan, sakit telinga, muntah, diare, dan telinga yang berair. Lalu, jika itu terjadi pada bayi, bayi Anda mungkin menjadi rewel dan sering menangis. Lubang telinga yang terinfeksi juga sering kemerahan, bengkak, dan menimbulkan bau tak sedap. Untuk masalah ini, Blog vani telah mengumpulkan 7 cara menghilangkan bau tak sedap dari telinga, baik di dalam maupun di luar telinga. Mari kita lihat pembahasan di bawah ini.

Cara Menghilangkan Bau Telinga 

1. Kunjungi Dokter
7 Cara Menghilangkan Bau Telinga yang Kurang Sedap Atau Bau Busuk

Cara menghilangkan bau telinga yang pertama adalah mengunjungi dokter Otolaringolog alias dokter THT (telinga, hidung, tenggorokan) terlebih dahulu. Sebagai orang awam, sebaiknya jangan menebak penyebab bau. Anda perlu memastikan penyebab sebenarnya mengapa telinga atau bayi Anda berair dan tidak berbau. Karena itu, masuk dan tanya langsung ke ahli adalah langkah yang paling tepat.

2. Pakai Resep Dokter
Setelah berkonsultasi dengan dokter, Anda biasanya akan segera mendapatkan perawatan dan resep obat yang harus digunakan. Lakukan apa yang dokter rekomendasikan dan gunakan obat yang diresepkan. Jika Anda merasa lebih baik sebelum obat habis, konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda dapat berhenti minum obat atau terus minum obat sampai sembuh.

3. Pakai Ear Oil
Minyak telinga adalah rongga telinga antiseptik. Minyak ini berguna untuk membersihkan dan menjaga lubang telinga Anda. Bisa dibilang hal ini adalah "vitamin" telinganya, tidak wajib tapi perlu. Anda bisa membeli produk minyak telinga di Lazada dengan mengklik link ini atau di MatahariMall via link ini. Selain minyak telinga, Anda juga bisa menggunakan minyak mineral, baby oil, atau ear drop advice dari dokter. Cara menggunakan minyak telinga adalah menetes di telinga sesuai anjuran. Miringkan kepala ke samping sebelum dan selama penggunaan minyak telinga, agar minyak tidak mengalir keluar lagi. Setelah terdiam selama beberapa menit (atau sesuai anjuran), luruskan kepala Anda. Bersihkan sisa minyak dari telinga (jika ada) dengan menggunakan tisu, kapas, cotton bud, atau kain. Minyak ini tidak perlu dibilas, ya.

4. Pakai Ear Candle
7 Cara Menghilangkan Bau Telinga yang Kurang Sedap Atau Bau Busuk

Telinga Anda berair dan tidak berbau dengan menggunakan lilin telinga. Biasanya perawatan ini ada di salon kecantikan yang menyediakan fasilitas facial dan facial spa. Tapi, Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Beli lilin telinga secara online.

5. Gunakan Rubbing Alcohol
Cara menghilangkan bau telinga adalah yang berikutnya dengan menggunakan alkohol bekas atau sering disebut sebagai spiritus di Indonesia. Sebenarnya, Spirytus adalah salah satu merek yang menghasilkan alkohol. Jadi, menggosok alkohol adalah menggosok alkohol atau isopropil alkohol. Menggosok alkohol bisa digunakan sebagai antiseptik, pembersih, bahkan sebagai "obat" dalam situasi darurat seperti saat jari Anda mengiris pisau atau saat jatuh dari motor. Seperti namanya, gosok alkohol, artinya alkohol hanya untuk penggunaan luar saja, seharusnya tidak dikonsumsi. Jika tertelan atau terhirup, segera dapatkan bantuan medis. Untuk menggunakan alkohol bekas untuk menghilangkan bau anting atau di bagian dalam telinga, Anda memerlukan bantuan cotton bud. Ambil cotton bud, celupkan ke dalam alkohol, lalu gosok ke area telinga yang diinginkan. Menggosok alkohol bisa membantu membersihkan kotoran dan bakteri dari telinga. Tapi, Anda hanya melakukan 1x seminggu ya, tidak setiap hari.

6. Makan Makanan Bergizi
Mengkonsumsi makanan dengan nilai gizi tinggi akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Karena itu, untuk meningkatkan kekebalan tubuh, Anda harus makan 4 sehat 5 sempurna. Konsumsilah vitamin juga jika perlu.

7. Bersihkan Telinga secara Rutin
Dengan membersihkan telinga secara teratur, telinga Anda akan bebas dari bau sendiri. Bersihkan telingamu setiap hari agar kotoran, sebum, dan lilin (natural earwax) tidak menumpuk. Selesaikan pembahasan Bacaterus tentang 7 cara menghilangkan bau telinga yang tidak enak. Ulangi proses ini secara teratur jika telinga atau bayi Anda masih berbau. Ada yang mengatakan bahwa cotton bud kurang bagus untuk mengangkat lilin telinga, karena bisa mendorong lilin telinga lebih dalam ke rongga telinga. Tapi, sebenarnya pas juga karena jenis lilin telinga setiap orang berbeda, ada pula yang keras, ada yang cair. Jika kotoran telinga Anda terasa keras, gunakan pembersih telinga besi atau karet. Jika kotoran telinga Anda cenderung cair, Anda bisa menggunakan cotton bud.

Ingat, jangan mendorong alat pembersih telinga terlalu dalam dan jangan menggosok alatnya terlalu keras. Karena, hal tersebut dapat merusak kulit dan gendang telinga Anda. Jika Anda tahu cara lainnya untuk meminimalisir bau telinga, beritahu pembaca lainnya di kolom komentar, ya! terima kasih