9 Manfaat Air Cucian Beras untuk Wajah dan Kulit Dan Cara Menggunakan Air Cucian Beras

9 Manfaat Air Cucian Beras untuk Wajah dan Kulit Dan Cara Menggunakan Air Cucian Beras
9 Manfaat Air Cucian Beras untuk Wajah dan Kulit Dan Cara Menggunakan Air Cucian Beras
Manfaat Air Cucian Beras untuk Wajah dan Kulit Dan Cara Menggunakan Air Cucian Beras - Saat Anda mencuci Beras, biasanya air bersih segera dibuang. Pernahkah Anda berpikir untuk memanfaatkan air cucian beras? Hmmmm ... Mungkin kamu sedang memikirkan apa yang harus repot cuci air beras? Padahal, air beras yang sering dianggap  sepele memiliki banyak manfaat bagi kulit dan kecantikan wajah.

Untuk mendapatkan kulit yang jernih dan jernih tidak butuh banyak uang, karena Anda bisa menggunakan air beras. Beras mengandung beberapa zat yang bisa digunakan untuk kecantikan, salah satunya adalah zat oryzanol yang bisa menangkal sinar ultra violet ke kulit, sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit. Berikut adalah 9 manfaat air cucian beras untuk wajah dan kulit yang telah dirangkum BLOG VANI untuk Anda:
9 Manfaat Air Cucian Beras untuk Wajah dan Kulit Dan Cara Menggunakan Air Cucian Beras


9 Manfaat Air Cucian Beras untuk Wajah dan Kulit 


1. Kulit Bercahaya dan Memudarkan Flek Hitam
Biasanya wanita menggunakan kosmetik siap pakai untuk mendapatkan kulit yang bercahaya dan untuk menghilangkan bintik hitam di wajah. Tidak semua orang cocok menggunakan krim kecantikan. Alih-alih mempercantik tampilan wajah, meski kulit wajah pun semakin rusak. Mencuci wajah dengan air beras secara teratur bisa mencerahkan dan mencegah masalah kulit. Secara bertahap, kulit wajah akan menjadi lebih bercahaya dan bintik hitam akan memudar. Karena nutrisi dan protein penting dalam air beras dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit.

2. Facial Cleanser
Ya, air pencuci beras bisa Anda gunakan sebagai pembersih wajah, loh! Caranya sangat mudah. Pertama, ambil secangkir beras . Kedua, cuci beras dengan cepat agar debu dan kotoran hilang, lalu buang air. Ketiga, tambahkan air tawar, lalu aduk beras dengan tangan Anda. Rendam beras  selama 30 menit agar nutrisi yang terkandung dalam beras mengalir ke air. Keempat, saring air dari beras, lalu cuci muka dengan air sambil dipijat perlahan dengan jari selama sekitar 6 menit. Akhirnya bilas wajah dengan air bersih, keringkan dengan handuk lembut. Cara mengeringkan wajahnya jangan menggosok, iya, tapi ditepuk. Sebagai alternatif, Anda juga bisa membersihkan wajah menggunakan air cucian beras dengan cara ini. Ambil bola kapas, masukkan ke dalam air cucian beras, lalu pijat ke wajah Anda dengan gerakan melingkar. Biarkan air di wajah Anda kering dengan sendirinya, lalu bilas wajah dengan air dingin segar. Gunakan air pencuci beras untuk membersihkan wajah setiap saat agar wajah bersih dan cantik. Air pencuci beras yang disimpan di udara terbuka hanya bertahan sehari. Tapi, jika disimpan di kulkas, air cucian beras yang tersimpan dalam wadah tertutup bisa bertahan sekitar seminggu.

3. Mengobati Jerawat dan Menghilangkan Bekas Jerawat
Air cucian beras juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat di wajah Anda. Air cucian beras dapat membantu mengendalikan wabah jerawat di wajah dan juga membantu menumpulkan bintik hitam pada kulit. Air cucian beras juga bisa mengencangkan pori-pori, yang selanjutnya mengurangi kemungkinan jerawat. Caranya: siapkan cuci air bersih (air terakhir sebelum beras akhirnya ditanak). Kemudian, oleskan air beras selama beberapa jam sampai bagian seperti tepung terakumulasi di bawah ini. Selanjutnya, pisahkan air dari tepung beras dan ambil tepung basah. Tuangkan tepung beras ke seluruh bagian wajah yang memiliki bintik atau bekas jerawat.

4. Mengontrol Kelebihan Minyak pada Kulit Wajah
Jika jerawat yang muncul di wajah Anda disebabkan oleh kelebihan minyak, jangan bingung bagaimana cara mengatasinya, karena air beras tetap bisa menjadi jawabannya. Manfaat air beras untuk kulit berjerawat juga sama kuatnya dengan menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Cara penggunaannya sangat mudah, sisihkan air beras bersih yang biasa mencuci beras untuk memasak. Pertama-tama, cuci muka terlebih dahulu dengan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Kemudian bilas wajah Anda dengan air siap. Biarkan air beras di wajah Anda sekitar 5-10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Dengan pemakaian biasa, minyak di wajah Anda akan menurun dan wajah secara bertahap akan terlihat lebih cerah. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

5. Meringankan Kulit Alami
Beras memiliki bahan pemutih kulit alami yang tak kalah bermanfaatnya dibandingkan susu yang dicampur dengan minyak zaitun. Untuk memutihkan kulit dengan cepat, lakukan perawatan ini sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu. Rasakan bedanya itu penting. Tak hanya terang, kulit Anda akan terasa lebih mulus dan lembut. Caranya sederhana, cuci beras dengan air dalam wadah. Selanjutnya, saring beras dan cuci lagi sampai air benar-benar bersih. Simpan saringan air ke wadah lain dan biarkan semalam sampai tepung beras meluncur dari air. Keesokan paginya, pisahkan sedimen dan air dalam kontainer yang berbeda.Gunakan sedimen sebagai scrub pada wajah lalu bilas wajah dengan menggunakan air beras, diamkan sampai kering lalu bilas dengan air bersih. Perawatan ini tidak hanya bisa digunakan untuk wajah, tapi bisa juga untuk tubuh.

6. Mengobati Iritasi Kulit
Selain lima manfaat yang telah dibahas Blog vani di atas, air beras juga bisa digunakan untuk mengobati kulit yang teriritasi. Penggunaan air beras di wajah bisa membantu menenangkan peradangan dan kemerahan wajah. Menurut sebuah studi dermatologi, penderita dermatitis atopik dapat disembuhkan dengan menggunakan air pencuci beras selama 15 menit setiap dua kali sehari. Atau, Anda juga bisa memasukkan beras ke kain katun atau jenis kain lainnya yang tidak mudah robek. Setelah itu, mash beras di kain sampai pecah. Masukkan beras ke dalam kain yang sudah rusak ke air hangat agar dioleskan ke wajah. Gosok bundel beras di kain secara merata untuk mendapatkan hasil maksimal, setelah itu, bilas dengan air dingin dan bersihkan dengan handuk.

7. Mengobati Kulit Terbakar
Saat berenang atau saat beraktivitas di luar ruangan berjemur adalah hal yang biasa dan sering terjadi. Terlepas dari penggunaan tabir surya, kemungkinan kulit Anda akan terbakar matahari masih ada. Jika itu terjadi, Anda bisa mengobatinya dengan bantuan air beras. Oleskan air ke area yang terbakar lalu bilas dengan air dingin setelah beberapa menit.

8. Sebagai Hair Conditioner
Sebagian besar dari kita tidak tahu bahwa air pencuci beras juga bisa berfungsi sebagai hair conditioner. Beras air adalah kondisioner rambut alami yang sangat bagus, ramah lingkungan, dan bisa membuat rambut lebih lembut, halus dan berkilau. Cara penggunaannya cukup mudah. Siapkan air beras, tambahkan beberapa tetes minyak esensial pilihan Anda. Kemudian oleskan ke rambut yang telah dicuci, diamkan beberapa menit, dan bilas dengan air dingin. Tidak seperti produk kondisioner yang mengandung zat kimia, kondisioner air pencuci beras ini sangat bagus dan tidak akan membuat ketombe kulit kepala.

9. Nourish and Refresh the Skin
Seperti halnya sereal gandum lainnya, sebagian besar beras didominasi oleh pati (sekitar 80-85%). Pati beras terdiri dari dua polimer karbohidrat, yaitu amilosa, pati dengan struktur non-nabati dan amilopektin, pati dengan struktur. Beras juga mengandung protein, vitamin (terutama di bagian aleuron), mineral dan air. Kandungan mineral, vitamin, dan antioksidan yang ada pada padi bisa memberi makan dan menyegarkan kulit. Untuk mendapatkan manfaat air cucian beras untuk wajah dan kulit, lakukanlah 9 aktivitas diatas secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan melakukannya setiap hari, bisa membantu mengembalikan elastisitas kulit dan menjaga kulit tetap lembut, berseri dan berseri. Bukankah ini menakjubkan air beras ini?

Yang umumnya hanya menjadi limbah, tetapi ternyata air beras bisa menjadi bahan perawatan kecantikan yang sangat murah. Bukan hanya itu, air beras juga mudah didapatkan setiap harinya, karena sebagai orang Indonesia kita pasti tidak lepas dengan mencuci beras dan memakan nasi setiap hari. Semoga artikel mengenai manfaat air beras untuk wajah dan kulit ini berguna untuk Anda. Selamat mencoba! terima kasih