Asal Muasal Penyebab Munculnya Kutu Rambut Dan Perkembangbiakan Kutu Rambut

Asal Muasal Penyebab Munculnya Kutu Rambut Dan Perkembangbiakan Kutu Rambut
Asal Muasal Penyebab Munculnya Kutu Rambut Dan Perkembangbiakan Kutu Rambut
Asal Muasal Penyebab Munculnya Kutu Rambut Dan Perkembangbiakan Kutu Rambut-Semua orang pasti tahu apa itu kutu rambut, tapi tahukah Anda dari mana asalnya? Kutu rambut adalah parasit yang menetap di kepala manusia. Ya, kutu rambut manusia berbeda dengan hewan, jadi tidak perlu khawatir menginfeksi satu sama lain jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah. Ukuran kutu kecil, sebenarnya, sekitar 1-4 mm. Tapi, efeknya sangat besar. Kutu bisa membuat kepala manusia terasa gatal. Kutu juga "makan" dengan mengisap darah manusia melalui kulit kepala. Memang mengisap darah tidak banyak, tapi kalau luka dari gigitan kutu ditambah dengan luka karena Anda menggaruk kulit kepala gatal bercampur bakteri? Tentu bisa berbahaya.

Belum lagi jika Anda adalah orang yang aktif untuk bertemu dengan orang lain, bagaimana jika tiba-tiba kutu menyerang datang dan Anda tidak tahan menggaruk kepala Anda. Apa kata klien Anda nanti? Kutu berasal dari telur, dimana waktu untuk menetas adalah 7 - 10 hari. Telur ini berasal dari kutu betina (nits), mereka bisa bertelur sekitar 10 butir telur dalam 24 jam. Lalu, waktu untuk kutu tumbuh menjadi dewasa sekitar 30 hari, sangat cepat, bukan? Usia rata-rata kutu tidak terlalu lama, yaitu sekitar 1 bulan sebelum akhirnya mati. Tapi, mereka bisa berkembang biak antara waktu-waktu ini, sehingga populasi kutu pada rambut manusia tidak akan punah jika tidak diobati.
Asal Muasal Penyebab Munculnya Kutu Rambut Dan Perkembangbiakan Kutu Rambut

Cara pertama merawat kutu adalah dengan mencari gejala. Bacaterus pernah membahasnya disini. Setelah merawat kutu rambut, Anda harus tahu penyebab munculnya kutu. Hal ini untuk menghindari terulangnya wabah kutu di rambut Anda.

Penyebab Munculnya Kutu di Rambut 

1. Rambut Kotor
Asal dan penyebab munculnya kutu rambut bisa dimulai dari kondisi rambut tidak higienis. Parasit seperti kutu seperti tempat yang tidak terlalu bersih, oleh karena itu paling tidak dicuci secara teratur minimal 3 hari. Selain itu, saat membilasnya sebaiknya benar-benar melakukannya dengan bersih. Sebab, sampo dan kondisioner tertinggal justru bisa memicu datangnya ketombe dan kutu. Namun, rambut yang bersih dan diencerkan juga berpotensi terkena kutu. Biasanya hal ini terjadi karena Anda terinfeksi oleh orang yang rambutnya payah. Jika ini terjadi pada pemilik rambut yang bersih, sangat berbahaya, loh. Sebab, ternyata kutu bisa tumbuh lebih cepat di rambut bersih karena mereka tidak akan kesulitan bergerak, sehingga bisa makan dan berkembang biak dengan lancar. Fakta menyenangkan: kutu akan mengalami kesulitan bergerak di kulit kepala berminyak!

2. Shampoo
Shampo yang tidak sesuai bisa menyebabkan banyak masalah rambut, seperti rambut rontok, ketombe, dan kutu. Meski jarang orang yang menjadi kutuan karena sampo yang gagal, namun tidak menutup kemungkinan hal ini terjadi pada Anda. Semua ini karena bahan kimia yang terkandung di sampo. Jika Anda peka terhadap bahan kimia tertentu, bisa memicu munculnya kutu. Jika Anda sudah merasakan ada sesuatu yang bergerak di kepala Anda, cobalah berhenti menggunakan sampo. Sebab, rasa takut sampo sudah membuat nits bersarang di rambut Anda.

3. Kontak langsung
Inilah asal mula dan penyebab kutu rambut yang paling menyebalkan. Pernahkah Anda tinggal dengan teman atau saudara, maka keesokan harinya Anda merasakan ada sesuatu yang bergerak di rambut Anda? Setelah ditanya, ternyata orang tersebut positif banyak kutu nya. Ini menjengkelkan, bukan? Kutu tidak bisa terbang dari kepala ke kepala. Tapi, mereka bisa "melompat" dan bergerak. Biasanya lebih mudah menangkap kutu karena kontak langsung anak-anak ini. Tapi kita orang dewasa bisa mengalaminya.

4. Kontak Tidak Langsung
Jika asal dan penyebab kemunculan kutu rambut di atas disebabkan oleh kontak langsung, bisa juga kontak tidak langsung, loh. Dan, rasanya lebih tidak adil untuk mendapatkan infestasi karena kontak tidak langsung, ya? Rasanya lebih kental dibanding jika dikontrak dengan kontak langsung. Anda mungkin tidak menyadarinya, tapi dengan berbagi sisir, topi, bantal, helm, earphone, pakaian, dan handuk adalah cara termudah untuk mendapatkan wabah yang terinfeksi secara tidak langsung. Karena itu, pisahkan barang-barang yang telah digunakan oleh orang yang payah. Alih-alih berniat untuk mengucilkan, tapi yang terbaik adalah mencegah orang lain terkena kutu. Pisahkan sisir, handuk, dan jangan gunakan helm yang sama. Jika dipaksakan karena tidak ada helm lagi, cuci dan keringkan helm di bawah sinar matahari, karena kutu tidak tahan dalam kondisi cuaca panas.

5. Penutup kepala
Apakah Anda suka menggunakan tutup kepala seperti bandana, ikat kepala, gesper, beanie, topi? Atau, apakah kamu mengenakan jilbab? Ternyata, asal dan penyebab munculnya kutu rambut bisa terjadi jika penutup kepala tidak pernah dicuci atau diganti. Kepala adalah area tubuh yang mudah berkeringat. Kemudian, keringat bisa menempel di tutup kepala. Jika dibiarkan, berkeringat, bakteri, dan kotoran akan mengendap. Karena itu, rutin cuci dan ganti tutup kepala, minimal 2 hari. Untuk topi, cuci hatimu minimal 2 minggu.

6. Kamar Kotor
Kebersihan kamar, terutama tempat tidur, sangat penting dalam bidang budidaya. Asal dan penyebab munculnya kutu rambut adalah keadaan ruangan yang tidak bersih. Yang paling parah adalah sarung bantal dan bantal itu sendiri. Biasanya kutu yang kerap menyukai ini, yang jarang mengganti kasur tempat tidur, bantal, dan guling. Alasannya karena tidak ada stok lagi, malas ke laundry, atau mereka merasa tidak perlu mengganti seprai saja. Kutu hidup di kepala manusia, tapi, mereka juga bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar manusia. 

Kutu bisa berpindah ke leher, pakaian, dan media lain yang digunakan manusia. Kutu juga bisa tumbuh dan menetas telur di media. Yang paling rentan tentu adalah sarung bantal dan bantal yang biasa digunakan untuk tidur. Untuk pencegahannya, keringkan bantal di siang hari. Kutu dan kuman tidak bisa hidup di tempat yang panas, dengan mengeringkan bantal Anda adalah usaha untuk mengeluarkan kutu. Ganti seprai Anda secara teratur, setidaknya dua kali atau sebulan sekali. Penutup jendela, selimut, karpet, dan sajadah juga berpotensi serupa, jadi sebaiknya Anda terlibat dalam mencuci rutin agar tidak menjadi sarang kutu rambut alternatif.

7. Cara Mendeteksi Kutu
Jika rambut Anda mengalami gatal tidak jelas, maka Anda khawatir dengan epidemi kutu, sekarang adalah saat yang tepat untuk mendeteksi apakah ada kutu yang hidup di kepala Anda atau tidak. Anda butuh konsentrasi, waktu luang, mata tajam, dan alat untuk mendeteksi kutu. Sebab, kutu tidak akan terlihat dengan mata telanjang. Jadi, cara paling efektif untuk menemukan adanya kutu adalah dengan menggunakan sisir yang serit. Sisir ini sering disebut sisir padat oleh orang Jawa, apapun namanya ada di tempat Anda. Sisir ini bergigi, jarak rata-rata hanya 0,2 mm. Biasanya sisir ini terbuat dari kayu, plastik, dan stainless. 

Sisir ini tidak hanya bisa menyaring kutu, tapi juga kutu dan kutu telur (lisa). Ada dua cara untuk menggunakan sisir sisir ini, yaitu saat kondisi rambut kering dan basah. Jika Anda menggunakannya saat rambut Anda basah, pastikan menyisir rambut terlebih dulu dengan menggunakan sikat basah atau sisir bergigi sehingga jarang ada rambut yang tidak disisir dalam sisir sikat. Setelah itu, sisir rambut Anda dengan sisir kulit kepala dari kulit kepala (akar rambut) lalu tarik ke ujung rambut.

Itu dia asal muasal dan penyebab munculnya kutu rambut versi Bacaterus. Biarpun kecil, kutu cukup merugikan kita. Untuk itu, basmilah kutu sekarang juga. Artikel ini adalah cara dan produk untuk membasmi kutu yang pernah kami bahas. Apakah Anda tahu asal kutu dari mana selain dari yang telah kami sebutkan di atas? Semoga bermanfaat. terima kasih