Cara Merawat dan Mencuci Jas Hujan Agar Bebas Dari Bau Dan Berjamur

Cara Merawat dan Mencuci Jas Hujan Agar Bebas Dari Bau Dan Berjamur
Cara Merawat dan Mencuci Jas Hujan Agar Bebas Dari Bau Dan Berjamur
Cara Merawat dan Mencuci Jas Hujan Agar Bebas Bau Dan Berjamur.Musim hujan sudah tiba, sudahkah kamu menyiapkan jas hujan atau payung saat bepergian? Bagi pengendara sepeda motor, jas hujan adalah sesuatu yang harus dibawa saat musim hujan. Kita tidak pernah tahu kapan hujan, bukannya pulang segera karena Anda harus berlindung terlebih dahulu Anda harus selalu membawa jas hujan saat mengendarai sepeda motor.

Jas hujan yang dipakai berkali-kali bisa menebarkan bau. Karena bagian dalam jas hujan terasa sangat pengap dan bisa membuat kita berkeringat lebih banyak. Belum lagi jika jas hujan terkena percikan tanah, tentunya akan menjadi sangat kotor. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kali ini Blog vani akan berbagi cara merawat dan mencuci jas hujan agar tidak berbau.
Cara Merawat dan Mencuci Jas Hujan Agar Bebas Dari Bau Dan Berjamur

Cara mencuci jas hujan secara manual

Cara Merawat dan Mencuci Jas Hujan Agar Bebas Dari Bau Dan Berjamur

Cara merawat dan mencuci jas hujan secara manual adalah yang paling umum. Banyak orang yang ingin mencari tahu aman karena takut jas hujan rusak jika dicuci di mesin cuci. Akibatnya, beberapa orang merasa lebih nyaman saat mencuci jas hujan secara manual dengan menggunakan kedua tangan.

Berikut adalah cara mencuci jas hujan secara manual: 
  • Sediakan ember berisi air dingin yang sudah dituang dengan deterjen cair atau bubuk (kami menyarakan untuk memakai deterjen cair agar tidak meninggalkan residu deterjen yang menggumpal) 
  • Celupkan jas hujan Anda ke dalam ember berisi larutan air deterjen Gunakan sikat berbulu halus untuk menggosok bagian dalam dan luar jas hujan, jangan lupa untuk menggosok bagian topi dan kantong jas hujan 
  • Celupkan jas hujan ke dalam sebuah ember lain yang berisi air bersih. Bilas jas hujan sampai busanya benar-benar hilang


Setelah mencuci jas hujan, sebaiknya Anda hanya mengering di tempat berangin. Pada dasarnya, jas hujan dirancang untuk menahan air dan panas matahari. Jadi tidak masalah jika Anda ingin menggantungkan jas hujan yang baru dicuci langsung di bawah sinar matahari.

Cara mencuci jas hujan di dalam mesin cuci 

Cara Merawat dan Mencuci Jas Hujan Agar Bebas Dari Bau Dan Berjamur

Bisakah kita mencuci jas hujan di mesin cuci? Jawabannya bisa. Namun, sebelum memasang mesin cuci pastikan dulu jas hujan itu bersih dari noda lumpur dan tekstur jas hujan tidak kaku. Cara mengendurkan jas hujan yang kaku adalah dengan merendam jas hujan di air hangat. Pastikan airnya tidak terlalu panas agar jas hujan tidak menyusut.

Selanjutnya, berikut ini adalah cara merawat dan mencuci jas hujan di dalam mesin cuci: 

  • Bersihkan sisa pasir, tanah, dan lumpur pada jas hujan dengan air. Letakkan jas hujan di bawah keran air yang mengalir untuk meruntuhkan sisa-sisa kotoran tersebut 
  • Masukkan jas hujan ke dalam mesin cuci. Dalam satu kali mencuci sebaiknya Anda tidak mencuci lebih dari satu jas hujan Tuangkan deterjen khusus mesin cuci (kami menyarankan untuk memakai deterjen cair) 
  • Atur siklus pencucian ke mode delicate atau handwash agar putaran mesin cuci tidak terlalu cepat agar tidak merusak jas hujan Setelah siklus pencucian selesai, angkat jas hujan dan jemur di tempat berangin sampai kering

Bisakah kita mengeringkan jas hujan di mesin cuci pengering? Untuk menjaga agar kualitas bahan jas hujan jangan sampai mengeringkan jas hujan di pengering. Panas di pengering bisa membuat jas hujan menyusut. Sebaiknya keringkan jas hujan yang telah dicuci di mesin cuci secara alami.


Cara mencuci jas hujan yang berjamur
Jas hujan bisa berjamur jika tidak pernah dicuci dalam waktu lama dan dijaga dalam kondisi basah. Anda tidak perlu mencuci jas hujan Anda setiap kali Anda memakainya, tapi setidaknya nyalakan mantel hujan sampai benar-benar kering sebelum dilipat dan disimpan kembali. Melipat dan menyimpan jas hujan dalam kondisi basah hanya menyebabkan jas hujan menjadi berjamur.

  • Sediakan satu ember berisi air bersih dan tuangkan cuka secukupnya ke dalam ember tersebut Rendam jas hujan yang berjamur di dalam ember selama 45 menit 
  • Gosok bagian yang berjamur dengan sikat berbulu halus (bisa juga menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai) 
  • Bilas jas hujan dengan air bersih untuk menghilangkan sisa air cuka 
  • Apabila Anda merasa terganggu dengan aroma cuka yang menyengat, Anda boleh melanjutkan dengan mencuci jas hujan memakai deterjen cair

Selanjutnya, Anda hanya perlu menjemur jas hujan sampai benar-benar kering. Ingat, di kemudian hari sebaiknya keringkan jas hujan Anda terlebih dahulu sebelum disimpan agar tidak berjamur.

Cara menghilangkan bau apek jas hujan

Deterjen tidak mampu mengatasi bau apek di jas hujan Anda? Mungkin jas hujan Anda terlalu kotor sehingga bau apeknya sulit dikeluarkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena selalu ada cara untuk merawat dan mencuci jas hujan yang berbau apak tanpa bantuan jasa laundry. Inilah cara menghilangkan bau apek di jas hujan Anda:
  • Cuci jas hujan secara manual atau dengan mesin cuci Jika ada noda di jas hujan segera bersihkan saat dicuci. 
  • Cara menghilangkan bintik hitam di mantel waterproof adalah tuangkan deterjen cair di bagian yang ternoda, gosok noda dengan spons cuci piring, lalu bilas sampai bersih 
  • Untuk mengharumkan jas hujan yang berbau apek, rendam jas hujan dalam air yang sudah dicampur perasan jeruk nipis Setelah itu, bilas jas hujan dengan air bersih dan jemur sampai benar-benar kering

Tips merawat jas hujan

Setelah mengetahui serba-serbi mencuci mantel kotor, berjamur, dan apek, saatnya Anda tahu bagaimana merawat jas hujan agar tetap bersih dan awet, sehingga Anda tidak perlu sering-sering mengganti mantel hujan. Inilah cara merawat jas hujan yang paling tepat:

Jangan sering-sering mencuci jas hujan
Mantel hujan yang baru dipakai itu kotor, tapi Anda tidak perlu sering mencucinya agar tidak merusak materi. Setelah digunakan cukup dibilas dengan air bersih dan dikeringkan di bawah terik matahari. Jika Anda sering memakai jas hujan, cuci jas hujan setiap 1-2 bulan sekali.

Gunakan sikat halus untuk membersihkan jas hujan
Bahan jas hujan berbeda dengan kain pakaian pada umumnya. Anda tidak bisa menggunakan bulu kasar untuk menggosokkan jas hujan karena bisa merobeknya. Selalu gunakan sikat halus atau sikat gigi bekas sambil mencuci jas hujan.

Panduan cara merawat dan mencuci jas hujan ini sangat bermanfaat untuk membuat jas hujan Anda selalu bersih, higienis, dan nyaman dipakai. Sudahkah mencuci jas hujan kotor Anda agar tetap nyaman dan tidak berbau? Demikian semoga bermanfaat dan terima kasih.