Cara Mewarnai Pakaian Dengan Wantex agar Pulih Seperti Baru Lagi

Cara Mewarnai Pakaian Dengan Wantex agar Pulih Seperti Baru Lagi
Cara Mewarnai Pakaian Dengan Wantex agar Pulih Seperti Baru Lagi
Cara Mewarnai Pakaian Dengan Wantex agar Pulih Seperti Baru Lagi - Apakah Anda memiliki kain putih polos atau baju yang ingin diwarnai? Atau apakah warna pakaianmu memudar? Jangan selalu dibuang, coba warnanya kembali, siapa yang tahu baju anda sangat bagus lagi seperti baru. Saat ini ada banyak produk pewarnaan pakaian, tapi mungkin yang paling terkenal di indonesia adalah Wantek.

Wantek adalah merek Pewarna pakaian yang dicelup yang bisa membuat warna pakaian Anda kembali kental. Wantek juga bisa digunakan untuk kembali mewarnai pakaian yang tidak Anda sukai warnanya. Tapi, kebanyakan orang lebih sering menggunakan Wantek untuk kembali mewarnai jeans yang memiliki bladus. Jika Anda ingin melakukan proses pencelupan, tapi tidak tahu caranya, berbahagialah! Karena, sekarang Blog vani akan memberitahumu bahan, alat, dan cara berpakaian yang tepat. Berikut adalah bahan dan alat yang perlu disiapkan:

  • Panci besar. 
  • Kompor. 
  • Pengaduk. 
  • Sarung tangan.
  • Air.
  • Wantek. 
  • Jemuran. 
  • Pakaian yang akan dicelup.

Cara Mewarnai Pakaian Dengan Wantex agar Pulih Seperti Baru Lagi

Langkah-Langkah Cara Wantek Baju 

1. Kumpulkan Pakaian
Cara Mewarnai Pakaian Dengan Wantex agar Pulih Seperti Baru Lagi

Langkah pertama dalam bagaimana Anda wantek pakaian adalah menyortir pakaian yang ingin dicelupkan. Kan, jadi Anda tidak perlu bekerja dua kali jika ada beberapa pakaian yang ingin dicelupkan dengan warna yang sama. Jadi, sebelum memulai proses pewarnaan warna, kumpulkan pakaian yang akan diwarnai dengan warna yang sama. Namun, jika bahan pakaian sangat berbeda (misalnya jeans dan sifon), lebih baik dipisahkan karena takut bahan tipis disobek dari gosok pada pakaian tebal. Lalu, jangan terlalu banyak mewarnai baju, karena akan sulit diaduk dan warnanya jadi tidak merata.

2. Panci
Selanjutnya di jalan pakaian wantek adalah menyiapkan panci. Sebenarnya ukuran panci yang digunakan tergantung seberapa besar, berat, dan banyak busana yang ingin Anda celupkan dengan satu warna. Tapi, coba gunakan panci besar dan dibuat kuat, karena nantinya busana akan diaduk, sehingga membutuhkan banyak air. Tuangkan air ke dalam panci secukupnya, cukup dosisnya sehingga Anda bisa dengan mudah mengaduknya nanti. Biasanya, sekitar 3 liter air dibutuhkan 1 - 2 bungkus Wantek. Ada juga yang suka menambahkan 1 - 2 sdm garam ke larutan berair dan Wantek. Pilihannya kembali pada apakah Anda ingin menggunakan garam atau tidak. Cahaya api sedang, biarkan air mendidih. Jangan lupa untuk mengaduk larutan sampai tercampur.

3. Sarung tangan
Siapkan sarung tangan. Anda tidak mau, benar, Wantek terjebak di tangan Anda? Meski sudah sangat hati-hati, jangan dikecualikan Wantek tidak akan memercik soal kamu. Jika Wantek menempel di paku, itu benar PR, karena sulit dibersihkan. Untuk itu, Anda harus menyediakan sarung tangan karet, jika Anda bisa sedikit tebal sehingga Anda terlindungi dari panas uap. Setelah memakai sarung tangan, celupkan pakaian Anda satu per satu ke dalam larutan Wantek.

4. Aduk
Langkah ke-4 adalah mengaduk-aduk pakaian. Pakaian harus diaduk sesekali agar pewarna merata di seluruh permukaan pakaian. Gunakan alat pengaduk kayu untuk membuatnya lebih mudah. Anda tidak perlu mengaduk-aduk pakaian seperti saat membuat bubur, aduk sesekali untuk memindahkan posisi baju.

5. "Masak"
Waktunya memasak pakaianmu! Jadi, sambil aduk sesekali, baju anda masih direbus, iya. Lakukan langkah ini sekitar 15 - 30 menit tergantung pada banyak dan bahan pakaian.

6. Angkat
Jika itu tiga puluh menit atau warna pakaian seperti yang Anda inginkan, ambil segera. Jika ada gantungan baju, gantungkan pakaian yang sudah dicelupkan untuk mendinginkannya. Jika tidak ada gantungan baju, Anda bisa menyimpannya di tempat yang aman (tidak masalah jika terpapar warna Wantek), biarkan tidak panas lagi.

7. Bilasan
Jika pakaian yang sudah dicelup kedinginan, sekarang saatnya untuk berkumur. Fungsi pembilasan ini adalah untuk menghilangkan sisa pewarna dari pakaian. Bilas baju berkali-kali (mungkin sekitar 5 kali sudah cukup), sampai warna baju jadi pucat dibanding saat pertama kali keluar dari pot. Jangan takut warna yang Anda inginkan terlalu pudar, karena mewarnai pakaian memerlukan proses untuk membawa warnanya. Karena itu, Anda harus mengeringkan pakaian yang telah dicelup di luar rumah agar udara dan cahaya mengoksidasi.

8. Pengeringan
Pakaian kering di luar, selain membuat pakaian teroksidasi, juga untuk menghilangkan aroma pewarna yang menyengat. Selain itu, sinar matahari juga akan membuat warna busana Anda tidak mudah pudar nantinya. Jangan angkat baju jika masih lembap. Anda harus menunggu agar pakaian benar-benar kering untuk hasil maksimal.

9. Setrika
Cara pakaian terakhir adalah menyetrikanya setelah kering. Panas dari besi akan membuat warna lebih awet. Anda bisa langsung menggunakan pakaian ini tanpa perlu dicuci dulu, karena Wantek benar tidak kotor dan tidak berbau jika dikeringkan langsung di bawah sinar matahari. Nah, itulah sembilan order pakaian wayek dari Blog vani. Ada sedikit penjelasan lebih lanjut tentang perendaman pakaian. Tidak disarankan bagi Anda untuk mewarnai pakaian yang super tipis, karena takut bajunya jadi robek saat direbus dan diaduk. Lalu, tentang hilangnya penggunaan wantek sebenarnya tidak terlalu banyak. 

Begitu Anda sudah mengecat pakaiannya, biasanya pada saat mencuci dulu warnanya agak memudar. Hal ini karena pada saat proses pembilasan di point no. 7 kurang bersih. Jadi, untuk pencucian dini sebaiknya memisahkan pakaian baru dengan pakaian lain. Ada lagi kekurangan wantek, yang willek akan mewarnai semua bagian pakaian. Mulai dari saku baju, benang, bordir, motif, semuanya akan berwarna.

Jadi, untuk awal-awal pencucian sebaiknya pisahkan pakaian yang baru diwantek dengan pakaian lainnya. Ada lagi kekurangan dari wantek, yaitu wantek akan mewarnai semua bagian dari pakaian. Mulai dari saku, benang, bordir, motif, semuanya akan ikut terwarnai. Jadi, pastikan Anda benar-benar siap kalau pakaian tersebut jadi satu warna semua.

Wantek menjadi alternatif karena dapat membuat warna pakaian terlihat cerah seperti baru dan harga per paketnya cukup murah, yaitu Rp 1 – 3 ribuan saja. Semua kembali lagi kepada Anda, lebih memilih mewantek baju atau membuangnya. Sekian, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda tahu tips dan cara wantek baju selain yang sudah Blog vani sampaikan di atas, beritahu kami di kolom komentar, ya. Terima kasih